Ciri - Ciri Tanda Ibu Hamil Alami:Pencernaan

Ciri - Ciri Tanda Ibu Hamil Alami:Pencernaan

Foto: Ilustrasi Seorang Ibu Hamil 2024--

DISWAYPROBOLINGGO ID.Kesehatan,Senin 15 Januari 2024.Masalah Pencernaan Rentan dialami ibu hamil akibat perubahan aktivitas pada usus. Beberapa masalah pencernaan seperti sembelit, diare, bahkan berubahnya warna tinja bisa dialami wanita selama kehamilan.

BACA JUGA:Dampak Harimau Sumatera Mati Di Medan Zoo, Kota Medan

BACA JUGA:Salah Satu Tempat Nongkrong Yang Indah Di Bromo, Cafe Dhe Ringgit. Warning! Disini Menu Nya Murah-Murah Loh

Tapi, penting bagi ibu hamil agar bisa mengenali kondisi yang dialami, salah satunya lewat tinja. Ya Moms, dengan mengecek kondisi kotoran sendiri, sebenarnya Anda dapat mengetahui masalah pencernaan apa yang sedang terjadi pada tubuh.

Berikut penjelasan lebih detailnya sesuai dengan masalah pencernaan yang umum terjadi pada ibu hamil, seperti dikutip dari Healthline.

A. Sembelit

Sembelit adalah kondisi buang air besar yang kurang dari tiga kali dalam seminggu. Sebenarnya, sembelit bisa terjadi kapan saja dan oleh siapa saja. Tetapi, nyatanya masalah ini juga cukup sering dialami oleh ibu hamil.

Berbagai faktor bisa menjadi penyebab ibu hamil mengalami sembelit. Mulai dari kurangnya konsumsi serat hingga kurang aktif bergerak. Selain itu, ada faktor peningkatan hormon progesteron yang memperlambat kontraksi otot di usus. Kontraksi yang melambat akan membuat usus tidak bekerja dengan lancar.

BACA JUGA:Update 80 Orang Tewas, 180 Belum Ditemukan, Korban Gempa Jepang

BACA JUGA:Peninsula Island Tempat Wisata Di Bali, Tanpa Tiket Alias Gratis

Tanda-tanda sembelit bisa dikenali dari tinja yang keras dan kering. Anda pun juga mungkin harus mengejan cukup kuat agar kotoran bisa keluar. Di sisi lain, Anda juga mungkin dapat mengalami sakit perut atau kembung.

Bagaimana mengatasi sembelit pada ibu hamil? Mudah sekali kok, Moms! Yang paling utama adalah minum banyak cairan, terutama air putih, serta konsumsi lebih banyak serat. Bila diperlukan, Anda bisa menggunakan obat pelunak tinja pada kasus sembelit parah.

B. Darah pada Tinja

Melihat ada darah pada tinja Anda? Kondisi ini umum terjadi bila Anda sedang mengalami sembelit.

Sumber: