TUJUAN:Puasa Sunah Syawal 2024

TUJUAN:Puasa Sunah Syawal 2024

DISWAYPRBOLINGGO.Syawal,Sabtu 13 April 2024.Puasa Syawal merupakan amalan sunah yang dilakukan oleh Umat Islam Setelah Selesai menjalani ibadah puasa Ramadan. 

Puasa Syawal Terdiri Dari Enam Hari Yang Dilaksanakan Pada Bulan Syawal.Berpuasa pada enam hari tersebut dianggap memiliki nilai pahala yang besar.

Puasa syawal adalah sebuah amalan sunah yang sangat dianjurkan bagi umat Islam, datang setelah berakhirnya bulan Ramadan.

BACA JUGA:Gelar Sidang Isbat:Kemenag Akan Menentukan Idul Fitri 2024 Hari Ini

 

BACA JUGA:Angelina Sondakh:Semoga Allah Swt Ampuni Dosaku

Puasa Di Laksanakan pada tanggal 2 Syawal atau setelah merayakan Idul Fitri.

Namun, muncul pertanyaan "Bolehkah puasa Syawal tidak berurutan?". Sebagian ulama menyatakan bahwa puasa Syawal tidak harus dilaksanakan secara berturut-turut, sehingga seseorang dapat berpuasa Syawal dengan cara yang tidak berurutan.

BACA JUGA:Diperbolehkan:Hukum Imsak Makan Dalam Ramadan

BACA JUGA:Mantap Berhijab:Reza Artamevia Usai Pulang Umrah

Puasa Syawal memiliki dasar hukum yang diperkuat oleh hadis Rasulullah saw. Dalam hadis riwayat Muslim, Rasulullah saw bersabda:

Hadis ini menjadi landasan utama bagi umat Islam dalam melaksanakan puasa Syawal. Namun, dalam hadis tersebut tidak disebutkan secara eksplisit apakah puasa Syawal harus dilaksanakan secara berturut-turut atau tidak.

Dikutip dari situs resmi kemenag.go.id, mayoritas ulama sepakat bahwa puasa Syawal tidak harus dilaksanakan secara berturut-turut. Para ulama berpendapat bahwa puasa Syawal dapat dilakukan secara tidak berurutan sepanjang masih dalam bulan Syawal. 

BACA JUGA:Bukti Islam Agama:Perintah bagi Umatnya untuk Berilmu

Sumber: