Bukti Islam Agama:Perintah bagi Umatnya untuk Berilmu

Bukti Islam Agama:Perintah bagi Umatnya untuk Berilmu

Foto:Islam Agama Yang Sangat Menghargai Ilmu Pengetahuan--

DISWAYPROBOLINGGO.Agama,Selasa 05 Februari 2024.Bukti Islam agama yang sangat menghargai ilmu pengetahuan dan memerintahkan penganutnya untuk memiliki ilmu Pengetahuan adalah Adanya Dalil Yang Membahas Perintah Untuk Menuntut Ilmu Bagi Setiap Muslim.

BACA JUGA:Histori,Texas:Kebakaran Hutan Terbesar , Mematikan Banyak Hewan

BACA JUGA:Hanya Fitnah:Bawaslu Manado Soal Dituding Terima Uang

Hal tersebut dibahas dalam sebuah hadis shahih yang diriwayatkan oleh Imam Ibnu Majah. Perintah untuk menghargai dan mencari ilmu pengetahuan ini memberikan keutamaan khusus bagi umat muslim.

Penjelasan Bukti Islam Agama yang Menghargai Ilmu dan Perintah bagi Umatnya untuk Berilmu

Mengutip buku berjudul Ilmu Pendidikan Islam, Prof. DR. H. Abuddin Nata, MA. (2016: 90), menuntut ilmu merupakan kewajiban bagi setiap orang dengan tidak membedakan mana miskin mana kaya dan juga laki-laki maupun perempuan, dan lain sebagainya.

Bukti Islam agama yang sangat menghargai ilmu pengetahuan dan memerintahkan penganutnya untuk memiliki ilmu pengetahuan adalah adanya dalil yang menjelaskan tentang perintah untuk menuntut ilmu bagi setiap muslim. 

BACA JUGA: Bulan Ramadan:Harga Beras Turun ,Bulog dan Bapanas Jamin

BACA JUGA:Bos ‘Rider’:Diperiksa KPK, Bos ‘Rider’ Hanan Supangkat

Hal tersebut tertuang dalam hadis yang diriwayatkan Ibnu Majah sebagai berikut.

Berdasarkan hadis tersebut dapat diketahui bahwa mencari ilmu merupakan kewajiban bagi setiap umat muslim tanpa terkecuali. Dengan mencari ilmu, umat muslim dapat memperoleh kemuliaan dan keutamaan.

Dalil Tentang Keutamaan Bagi Umat Muslim yang Mencari Ilmu

Salah satu keutamaan yang dijanjikan Allah bagi umat muslim yang mau berupaya dalam mencari ilmu dijelaskan dalam sebuah hadis dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Selain diberikan kemudahan bagi Allah untuk mencapai surga, Allah juga akan menyelamatkan umat muslim yang memiliki ilmu dari laknat Allah. Hal tersebut sesuai dengan yang dibahas dalam sebuah hadis berikut ini.

Sumber: