Gara-Gara Aksi Jual Jor Joran:Wall Street Melemah

Gara-Gara Aksi Jual Jor Joran:Wall Street Melemah

Foto:Wall Street Adalah Satu Istilah Yang Kerap Muncul Dalam Kancah Investasi Saham AS 2024--

DISWAYPROBOLINGGO ID.Amerika Serikat,Rabu 17 Januari 2024.Beberapa Hari Dengan Putaran Penjualan Di Mana,Indeks utama saham Amerika Serikat (AS) alias Wall Street anjlok pada penutupan perdagangan, Selasa 16 Januari 2024. Hal itu disebabkan oleh aksi investor jual secara luas.

BACA JUGA:OJK:Izin PT SMEFI, Dicabut

BACA JUGA:Nikel Anjlok 40 Persen:Tak Terserap Pasar

Mengutip Reuters, Dow Jones (.DJI), turun 231,86 poin menjadi 37.361,12, S&P 500 (.SPX) kehilangan 17.85 poin, menjadi 4,765.98 dan Nasdaq Composite (.IXIC) turun 28,41 poin menjadi 14.944,35.

CEO Horizon Investment Services, Chuck Carlson mengatakan, tampaknya ada kebimbangan mengenai penurunan suku bunga The Fed.

"Hari ini tampaknya menjadi salah satu hari di mana investor memutuskan bahwa mungkin mereka tidak akan menurunkan suku bunganya pada bulan Maret,” kata Carlson dikutip dari Reuters, Rabu 17 Januari 2024.

"Kemudian dengan suku bunga yang lebih tinggi saat ini menyebabkan aksi jual seperti ini, yang sepertinya merupakan hari jual segalanya," Ujarnya.

Gubernur Federal Reserve AS, Christopher Waller mengatakan, meskipun inflasi AS mendekati target bank sentral sebesar 2 persen, The Fed tidak boleh terburu-buru menurunkan suku bunga sampai inflasi yang lebih rendah dapat dipertahankan.

BACA JUGA:Penyerapan Produksi Beras Dalam Negeri di 2024,BADAN PANGAN NASIONAL (BAPANAS) Siapkan Rp 28,7 Triliun

BACA JUGA:Kouta 5,4 Juta Ton Gula Impor,Pemerintah Resmikan 2024

Adapun, pasar keuangan memperkirakan kemungkinan penurunan suku bunga sebesar 25 basis poin pada akhir pertemuan The Fed di bulan Maret.

Di sisi lain, AS baru saja memasuki musim laporan laba kuartal keempat dengan 29 perusahaan di S&P 500 telah melaporkan laporan keuangannya pada hari Jumat.

Analis saat ini melihat pertumbuhan pendapatan tahunan S&P agregat sebesar 4,4 persen pada periode Oktober-Desember, turun dari 11 persen pada awal periode tersebut.

Investor juga menganalisis sejumlah perkembangan politik dan geopolitik lainnya. Termasuk Donald Trump yang meraih kemenangan gemilang dalam pemilihan presiden pertama Partai Republik AS tahun 2024 di Iowa pada hari Senin dan perkembangan di Laut Merah, Gaza , dan Ukraina.

Sumber: