Nilai Tukar Rupiah Rp 15.900 per Dolar AS Tahun 2025: Saran Banggar DPR

Nilai Tukar Rupiah Rp 15.900 per Dolar AS Tahun 2025: Saran Banggar DPR

Foto:Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI Said Abdullah 2024--

DISWAYPROBOLINGGO.ID.Jakarta,27 Agustus 2024.Badan Anggaran (Banggar) DPR RI meminta pemerintah menurunkan Sarankan Kurs Rupiah Dengan Dolar AS Pada Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2025.

BACA JUGA:Karyawan di Semester I 2024:Telkom Indonesia Pensiun Dinikan 1.008

BACA JUGA:Duetkan:PDIP Andika Perkasa-Hendrar

Ketua Banggar, Said Abdullah meminta agar Pemerintah Menurunkan Level Kurs Rupiah di level Rp 15.900 per Dolar AS. Angka tersebut lebih rendah dibanding proyeksi pemerintah sebesar Rp 16.100 per Dolar AS.

“Persoalan nilai tukar rupiah selama ini juga membuat kita pening. Grafik kurs kita dalam jangka panjang cenderung melemah. Pada tahun 2025 pemerintah mengusulkan kurs Rp 16.100 per USD, pimpinan Banggar DPR mengusul agar kurs lebih rendah, kurs lebih rendah di level Rp15.900 per USD,” kata Said.

Ia mengusulkan itu pada saat Rapat Kerja Badan Anggaran (Banggar) DPR RI bersama Menteri Keuangan, Menteri PPN/Kepala Bappenas, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia serta Gubernur Bank Indonesia di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa 27 Agustus 2024.

BACA JUGA:Jadi Anak Presiden: Ma'ruf Amin ,Kalau Bisa Milih Tentu Semua Orang Pengin

BACA JUGA:Banting Setir Dukung Trump: Capres Independen AS Robert Kennedy,Mundur dari Pencalonan

Dalam hal ini, nilai tukar rupiah dapat menguat jika Indonesia dapat meningkatkan laju nilai ekspor. Selain itu, kebijakan sistem pembayaran yang beragam dari mitra dagang juga turut menguatkan rupiah.

“Kita yakin dengan transformasi struktur ekspor yang lebih bernilai tinggi dan memperkuat investasi serta kebijakan sistem pembayaran yang beragam dari sejumlah mata uang mitra dagang akan membuat rupiah lebih berdaya,”Sambungnya.

Selain menurunkan nilai tukar rupiah terhadap Dolar AS, Said juga berharap agar suku bunga Surat Berharga Negara (SBN) dengan tenor 10 tahun diturunkan. Sebelumnya, dalam RAPBN 2025 pemerintah berencana menetapkan suku bunga SBN 10 tahun sebesar 7,1 persen.

BACA JUGA:Zona Hijau Ditutup Naik 0,24:IHSG Sesi I

BACA JUGA:Awal Diluncurkan di 2023:Volume Transaksi Bursa Karbon Tembus Rp 36,8 Miliar

“Pimpinan berharap suku bunga bisa lebih rendah dari usulan pemerintah di Nota Keuangan dalam rata-rata rentang di 6,9 persen dan ke depan bisa didorong bisa lebih rendah lagi serta mengembangkan skema pembayaran yang lebih murah,” Tutur Said.

Sumber: