TERBAYANGKAN,Pertama Indonesia: Perserta Di Olimpiade Uni Soviet Permainan Seri

TERBAYANGKAN,Pertama Indonesia: Perserta Di Olimpiade Uni Soviet Permainan Seri

Selebrasi Witan Sulaeman di laga Yordania vs Indonesia U-23 di matchday 3 Grup A Piala Asia U-23 2024 di Abdullah bin Khalifa Stadium, Minggu 21 April 2024--

DISWAYPROBOLINGGO.Bola,Sabtu 27 April 2024 Satu Lompatan, Timnas U-23 Indonesia akan meraih tiket ke Olimpiade 2024 Paris. Bilamana Uzbekistan  Kalah di semifinal Piala Asia U-23, Senin 29 April 2024 'Garuda Muda' akan mengulang pencapaian 68 tahun silam.

Beberapa Dekade, Jalan momen Tim Sepak Bola Indonesia Pernah Perserta Di Olimpiade terjadi pada Olimpiade 1956 di Australia. Kala itu, semua pertandingan digelar di Melbourne. Ada sejarah Indonesia pernah menahan imbang Uni Soviet yang merupakan tim kuat.

BACA JUGA:Hongaria:Aksi Akrobat Tim Slam Dunk, Segera DBL Fest 2024 di Kokas

BACA JUGA:Perempat Final: 4 Wakil Indonesia Lolos, Badminton Asia Championship

Indonesia sejatinya harus bertanding di babak kualifikasi dulu sebelum melaju ke Olimpiade 1956. Harusnya Indonesia main dua leg kontra Republik China (kini Taiwan) untuk memastikan diri lolos ke putaran final cabor sepak bola.

Namun, menurut catatan RSSSF, Republik China mengundurkan diri karena alasan politik. Dengan begitu, Indonesia langsung masuk ke putaran final cabor sepak bola Olimpiade 1956.

Kala itu, turnamen cabor sepak bola belum memakai sistem babak grup. Jadi, idealnya semua tim yang lolos kualifikasi harus langsung bermain dalam sistem gugur sejak ronde pertama.

BACA JUGA:Final!All England,Anthony Ginting!

BACA JUGA:Luca Marini:Honda Harus Membenahi Kembali Motor Mereka

Semestinya, ada 16 tim yang berpartisipasi, tetapi lima negara mundur, yakni China (RRC), Mesir, Turki, Vietnam Selatan, dan Hongaria. Harusnya, Indonesia melawan Vietnam Selatan, tetapi Vietnam Selatan mundur karena alasan politik.

Alhasil, Indonesia melenggang ke perempat final. Tim besutan Antun Pogacnik asal Yugoslavia kala itu harus menghadapi salah satu tim kuat yakni Uni Soviet.

Waktu itu, Indonesia diperkuat oleh sejumlah pemain yang kini dikenal sebagai legenda. Sebut saja Andi Ramang (striker), Aang Witarsa (striker), Ramlan Yatim (gelandang), Thio Him Tjiang (bek), hingga Maulwi Saelan (kiper). 

BACA JUGA:Defender Wolfsburg, menjadi Incaran AC Milan Dalam Mencari Tambahan Amunisi Bek

BACA JUGA:Luca Marini:Honda Harus Membenahi Kembali Motor Mereka

Sumber: