Presiden Jokowi dan Hadi Tjahjanto serahkan sertifikat di Jawa Timur

Sabtu 30-12-2023,08:17 WIB
Editor : Yahya ramadhan

DISWAYPROBOLINGGO.ID-Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Hadi Tjahjanto Menteri agraria dan tata ruang (ATR) serahkan 4.000 sertifikat di GOR Delta Sidoarjo, Jawa Timur, pada Rabu (27/12/2023).

Sertifikat tersebut terbagi atas 3.200 sertifikat hasil program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dan 800 sertifikat Redistribusi Tanah yang dilaksanakan Kantor Wilayah (Kanwil) BPN Provinsi Jawa Timur.

Presiden Jokowi dalam sambutannya menyampaikan bahwa sertifikat ini sangat penting sebagai bukti kepemilikan tanah bagi masyarakat.

BACA JUGA:PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA BAPAK JOKO WIDODO Resmi Berhentikan Firli Bahuri dari KPK RI.

"Semua sertifikat yang keluar dari BPN ini adalah bukti hukum hak atas tanah yang Bapak/Ibu miliki," ujarnya.

Ia menjelaskan, dengan sertifikat tersebut masyarakat tidak perlu takut lagi akan adanya sengketa ataupun konflik, Jadi Masyarakat akan aman dan nyaman dalam memanfaatkan lahan tersebut.

Presiden RI itu juga menyampaikan, sejak adanya program PTSL jumlah sertifikat yang terbit berhasil meningkat signifikan.

BACA JUGA:Keppres Pemberhentian Firli dari KPK Akan Proses Malam Ini Bapak Joko Widodo

"Ada 126 juta bidang tanah yang harus disertifikatkan. Pada tahun 2015 baru ada 46 juta, sehingga konflik di negara kita banyak karena tanahnya belum bersertifikat. (Melalui PTSL, red) inilah usaha kita mempercepat yang namanya penyertifikatan tanah," ungkapnya.

Kategori :