Mungkin Alami Reshuffle 100 Hari Kerja :Rocky Gerung: Kabinet Gemuk Prabowo

Mungkin Alami Reshuffle 100 Hari Kerja :Rocky Gerung: Kabinet Gemuk Prabowo

Foto:Akademisi Rocky Gerung. (YouTube/Indonesia Lawyers Club)--

DISWAYPROBOLINGGO.ID.Bandung,Kamis 17 Oktober 2024.Akademisi dan pengamat politik, Rocky Gerung, menyoroti kemungkinan adanya reshuffle kabinet pada 100 hari pertama pemerintahan Prabowo Subianto.

BACA JUGA:STOP : AS Ancam Bantuan Senjata , Israel Brutal di Gaza

BACA JUGA:Kenang Almarhum Benny Laos: Rocky Gerung Dia Mau Kejujuran Politik

Rocky menyebutkan, dengan komposisi kabinet yang berisi banyak nama dari era Presiden Joko Widodo, kritikan terhadap kabinet baru ini sangat diperlukan.

“Ya tentu tidak layak, mesti dikasih kritik hari ini. Tapi sangat mungkin ya, 100 hari setelah sekarang itu mungkin akan ada reshuffle pertama,”Tututnya  Rocky Gerung dalam kanal YouTube pribadinya, Senin 15 Oktober 2024.

Kabinet Gemuk dan Tantangan Koordinasi

Rocky menilai bahwa kabinet Prabowo yang terdiri dari banyak menteri dari kabinet Jokowi ini akan menghadapi tantangan besar, terutama dalam hal koordinasi.

Ia juga mengomentari bahwa kabinet Prabowo sering disebut sebagai "Kabinet Prabowo rasa Mulyono," karena komposisi yang tidak jauh berbeda dari pemerintahan sebelumnya.

Koordinasi di dalam kabinet yang lebih gemuk ini, dengan 46 kementerian, akan menjadi tantangan berat di awal pemerintahan.

"Koordinasinya akan sangat berat dan dalam 100 hari, para menteri harus memperlihatkan prestasi yang sangat tinggi.Di Mana karena posturnya besar, institusinya akan mengalami kesulitan untuk bermanuver,” Ujarnya Rocky.

BACA JUGA:Wawancarai Langsung :Prabowo Calon-calon Menterinya

BACA JUGA:INI SEBABNYA :IHSG Menguat Terbatas pada 7-11 Oktober 2024

Penambahan Kementerian dalam Kabinet Prabowo

Dalam pemerintahan Prabowo Subianto, jumlah kementerian akan bertambah dari 34 menjadi 46. Ketua Harian Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, sebelumnya telah menyampaikan bahwa akan ada penambahan 12 kementerian dalam kabinet Prabowo periode 2024-2029.

Beberapa Nama Sudah Dipastikan

Beberapa kementerian yang sebelumnya digabung pada era Presiden Joko Widodo kini dipisah kembali menjadi kementerian terpisah.

Hal ini menambah jumlah menteri yang akan menjabat di kabinet baru, yang rencananya akan diumumkan dan dilantik pada 20 Oktober 2024.

Kritikan Terhadap Kabinet Baru

Dengan banyaknya nama dari kabinet Jokowi yang dipanggil Prabowo, pengamat politik menilai kabinet baru ini masih memiliki nuansa kabinet sebelumnya.

Setidaknya, ada 16 nama yang berasal dari kabinet Jokowi yang masuk dalam daftar calon menteri Prabowo.

BACA JUGA:KSAD: Soal Penambahan Prajurit di Lebanon, Wewenang Panglima TNI,Ada Perintah Kami Disiapkan

BACA JUGA:Pilihan Analis Jelas : Rekomendasi Saham ,IHSG Terjun Lagi ke Level 7.400

Rocky Gerung dan beberapa pengamat politik lainnya menganggap kabinet baru ini perlu dikritik karena adanya kesan pengulangan dari kabinet sebelumnya.

Mereka Menekankan Pentingnya Prestasi Nyata Dari Menteri-Menteri baru dalam 100 hari pertama masa jabatan mereka.

Sumber: