Inti Bumi Bergeser Setiap 8,5 Tahun, DITEMUKAN ILMUWAN

Inti Bumi Bergeser Setiap 8,5 Tahun, DITEMUKAN ILMUWAN

Foto: Ilustrasi Pergerakan Planet di Antariksa 2024--

Data mereka menunjukkan bahwa goyangan tersebut kemungkinan besar disebabkan oleh kemiringan 0,7 derajat antara inti dalam Bumi dan mantel. Hal ini bertentangan dengan teori rotasi Bumi dahulu yang menyebut bahwa sumbu rotasi inti Bumi dan sumbu rotasi mantel menyatu dengan tepat atau simetris, kata Ding.

Kemiringan ini kemungkinan menunjukkan bahwa belahan Bumi barat laut dari inti dalam diduga sedikit lebih padat dibandingkan lapisan lainnya, dan terdapat juga perbedaan kepadatan antara inti dalam dan luar Bumi.

BACA JUGA:Israel Tarik Pasukannya,Kalah Perang Lawan Gaza ?

“Studi baru ini membantu membedakan perbedaan komposisi antara logam di inti padat bagian dalam dan bagian luar yang cair serta memperkirakan arah dan kecepatan goyangan inti bagian dalam,” Katanya John Vidale, profesor ilmu Bumi di University of California sebagaimana dikutip Live Science.

Dalam studi ini, tim peneliti mengesampingkan pengaruh atmosfer, samudra, dan hidrologi yang mungkin menyebabkan pergeseran gerakan kutub selain goyangan inti dalam. Ke depan, penelitian ini dapat membantu peneliti dalam memahami dinamika inti Bumi dan proses yang berdampak pada umat manusia, mulai dari gempa Bumi hingga perubahan medan magnet.

 

Sumber: