DIREKTUR UTAMA Microsoft:Ingin Bangun Pusat Riset AI di Indonesia

DIREKTUR UTAMA Microsoft:Ingin Bangun Pusat Riset AI di Indonesia

Foto: Presiden Republik Indonesia Joko Widodo Minta Microsoft Bangun Pusat Riset di Indonesia 2024--

DISWAYPROBOLINGGO.Jakarta,Selasa 30 April 2024.Direktur  Utama Microsoft, Satya Nadella, Sudah Mendarat di Indonesia dan langsung bertemu presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa 30 April 2024. Salah satu yang dibahas dalam pertemuan tersebut adalah pengembangan Artificial Intelligence (AI) Di Indonesia.

BACA JUGA:Meta AI:Mark Zuckerberg ,Search WhatsApp,Instagram

BACA JUGA:Teknologi Stereoscopic 3D SpatialLabs Inovasi Terbaru Acer, Kini Hadir Di Laptop & Monitor Terbarunya

Team Satya Sudah Tiba Istana sekitar pukul 08.25 WIB. Satya terlihat memakai setelan jas dan langsung menuju gerbang istana tanpa ada pernyataan apa pun kepada awak media.

Pertemuan Satya Nadella bersama Jokowi berlangsung kurang dari satu jam. Satya keluar dari istana sekitar pukul 08.58 WIB. Dia langsung pergi tanpa sepatah kata pun.

Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi, ada beberapa hal yang dibahas dalam pertemuan tersebut, termasuk pengembangan SDM dan kerja sama pembangunan pusat riset AI antara pemerintah Indonesia bersama Microsoft, terutama dalam pembentukan talenta di bidang digital.

“Tadi bicara dengan presiden mengenai pembangunan SDM dan membangun pusat riset bersama antara Microsoft dengan pemerintah Indonesia, terutama dalam pembentukan digital talenta dengan AI,” kata Budi Arie, di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa 30 April 2024.

Ada beberapa kota yang menjadi kandidat pusat riset AI tersebut, termasuk Bali dan IKN (Ibu Kota Nusantara), sebagai bagian dari pembangunan smart city di masa depan. Nantinya, pusat riset tersebut tak hanya menggarap bidang AI, melainkan juga agrikultur, perikanan, pertanian, dan lain-lain.

“Ya, mengembangkan berbagai sektor. Tadi juga bicara pengembangan teknologi soal agriculture pertanian dan perikanan yang dibutuhkan pengembangan teknologi AI. Kita yakin penggabungan teknologi dan kekuatan, Indonesia bisa jadi negara maju,” ujarnya.

BACA JUGA:Drone Karya Anak Bangsa , Axio Sekar Agri Hadir Unruk Industri Pertanian

BACA JUGA:ASUS: Lahirkan Laptop AI

Microsoft juga berencana mau mencetak 840 ribu talenta digital khusus AI di Indonesia dalam kurun waktu 4 tahun ke depan. Artinya, setahun Microsoft berambisi mendorong pengembangan 210 ribu talenta digital AI.

Sebelumnya, Microsoft disebut sudah menyiapkan investasi bernilai fantastis untuk Indonesia. Nominalnya mencapai lebih dari Rp 14 triliun. Budi tidak menjelaskan secara rinci dana tersebut akan digunakan untuk apa saja. Namun, dia bilang salah satunya bakal dimanfaatkan untuk pemberdayaan sumber daya manusia (SDM).

Setelah menemui Presiden Jokowi, Satya diagendakan bakal menghadiri 'Microsoft Build: AI Day Jakarta'. Acara tersebut digelar di Jakarta Convention Center, Jakarta Selatan.

 

Sumber: