Pilpres Rusia 2024?Siapa Penantang Putin

Pilpres Rusia 2024?Siapa Penantang Putin

Foto:Putin Resmi Mendaftar Sebagai Calon Presiden Rusia 2024--

DISWAYPROBOLINGGO.Rusia, Jum'at 15 Maret 2024.Pemilihan Umum Presiden Rusia akan diselenggarakan pekan ini, pada 15-17 Maret. Hampir dapat dipastikan pemilu kali ini kembali dimenangkan oleh Presiden Vladimir Putin. 

BACA JUGA:Perdana Menteri Baru:Presiden Palestina Tunjuk Mohammad Mustafa

BACA JUGA:Sebuah Tank Canggih Buatan As Hancur Ditangan Rusia, ini Menjadi Kali Pertama Dalam Perang Ukraina

Ia akan menjadi pemimpin Rusia dengan masa jabat paling lama setelah Josef Stalin (1929-1953). Putin Telah Menjabat Sejak 1999 Dan Dapat Tetap Berkuasa Hingga 2030. Jika mencalonkan diri lagi, hingga tahun 2036.

Meski Putin diperkirakan akan menang mudah, terdapat tiga penantang yang ikut maju dalam pilpres Rusia tahun ini.

Berikut profil Singkat Calon Yang Ikut Serta Dan Beberapa Nama Yang Dempat Mencalonkan Diri:

NIKOLAI KHARITONOV

Nikolai Kharitonov (tengah), calon presiden Partai Komunis Rusia, dan pemimpin Partai Komunis Gennady Zyuganov menghadiri upacara pengiriman konvoi bantuan kemanusiaan di wilayah Moskow pada 05 Februari 2024. 

 Majelis Rendah Parlemen Rusia (Duma Negara), Kharitonov, adalah kandidat resmi dari Partai Komunis. Ia selalu menempati posisi kedua sejak ikut serta di pemilu tahun 2000. Warga Siberia berusia 75 tahun ini memperoleh 13,8% suara pada pemilu 2004.

Survei bulan Februari menunjukkan bahwa hanya sekitar 4% warga Rusia yang siap memilihnya. Kharitonov mendukung operasi militer khusus Rusia di Ukraina yang diinisiasi Putin. Namun ia sempat menentang beberapa kebijakan dalam negeri Partai Rusia Bersatu yang pro-Putin.

BACA JUGA:Kamp Pengungsi Al-Shati: Israel Rudal

BACA JUGA:WN Korsel Ditangkap Rusia

LEONID SLUTSKY

Kandidat presiden, pemimpin Partai Liberal-Demokrat Rusia (LDPR) Leonid Slutsky mempresentasikan program pemilihannya di Moskow pada 21 Februari 2024. 

Sumber: