Jelang Hari H Pencoblosan, Elektabilitas Prabowo-Gibran Mentok Di Angka 32,4 Persen

Jelang Hari H Pencoblosan, Elektabilitas Prabowo-Gibran Mentok Di Angka 32,4 Persen

Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming--X.com

DISWAYPROBOLINGGO - Elektabilitas Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) nomor urut 2, menurut hasil survei Indonesia Political Expert (IPE) mentok di kisaran 30 persen.

Agustanto Imam Suprayogo Direktur Eksekutif IPE menerangkan, elektabilitas Prabowo-Gibran berada di bawah pasangan capres-cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

"Semua kandidat Elektabilitasnya naik, namun kenaikan paling tinggi didapatkan pasangan Ganjar-Mahfud, dari 33,57 persen pada Desember 2023 menjadi 35,4 persen pada Februari 2024," jelas Agus.

BACA JUGA:

Sedangkan, Agus menyebutkan elektabilitas Prabowo-Gibran naik ke angka terakhir 32,4 persen, dibanding elektabilitas paling rendah di hasil survei sebelumnya yang di angka 2,51 persen.

"Untuk pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar berada diurutan ketiga dengan angka elektabilitas 27,7 persen, dengan angka laju elektabilitas 3,91 persen. Sementara itu, angka yang tidak tahu dan tidak menjawab saat ini turun di angka 4,5 persen," sambungnya menjelaskan.

Dilihat dari segi faktor strong voter, basis Ganjar-Mahfud menjadi yang terkuat di antara kedua calon lainnya.

Sebelumnya IPE melakukan survei tersebut dari Agustus 2023 hingga Februari 2024 terhadap 2.400 responden ini mencatatkan angka margin of error 2 persen dengan metode pendekatan random purposive

Sumber: