TABRAK PROF MAHFUD MD:Semua Dibebaskan Kredit Macet Petani ,Kalau Terpilih

TABRAK PROF MAHFUD MD:Semua Dibebaskan Kredit Macet Petani ,Kalau Terpilih

Foto:Mahfud MD Dalam Kunjungannya Ke Banyuwangi 2024--

"Ini dari tahun 90-an, dari 97, 98, 99 dan tahun 2000-an. Ada jutaan, ada yang bilang 5-8 juta petani, nelayan, yang terbebani utang yang belum lunas dan belum dibayar karena tidak mampu membayar utang pokok dan bunga dan kini mereka harus ke mana?"Katanya.

BACA JUGA:SLANK:Dukung Ganjar-Mahfud di 2024

BACA JUGA:SAT SET: Sosialisasi, Ribuan Relawan Ganjar-Mahfud

Bisa Rugikan Bank dan Negara

Pengamat Ekonomi Perbankan Binus University, Doddy Ariefianto, menjelaskan pinjaman petani dan nelayan bisa dimasukkan kepada berbagai kategori, baik itu kredit produktif untuk kegiatan usahanya, maupun individu atau memenuhi kebutuhan pribadi alias konsumtif.

Petani dan nelayan bukan termasuk golongan peminjam terbesar bagi bank nasional. Kata dia, tiga besar golongan dengan kredit terbesar di Indonesia adalah sektor perkebunan, manufaktur, dan perdagangan (trading).

"Saya ragu bank itu punya banyak eksposur ke nelayan dan petani. Saya duga mungkin BPR (Bank Perkreditan Rakyat), atau itu perusahaan finance seperti pinjol itu mungkin," ujarnya saat dihubungi kumparan, Minggu 21 Januari 2024.

Menurutnya, penghapusan kredit di BPR maupun multifinance secara formal memungkinkan. Hanya saja, kebijakan ini menyebabkan kredit yang dihapus bukukan akan dimasukkan ke laporan laba rugi bank sebagai kerugian.

BACA JUGA:Kabinet Solid: Respon Moeldoko, Isu Sri Mulyani Mundur

BACA JUGA:Terlalu Banyak Cuti:Wawalkot Solo Kritik Gibran

Persoalannya, Ujarnya Doddy, kerugian ini tentu akan memberatkan bagi bank yang perlu menopang dengan modal. Jika modalnya tidak cukup, apalagi BPR yang berada di wilayah terpencil, maka bisa saja malah gulung tikar.

"Kalau disuruh hapus, kerugian itu kan kepada modal. Modal habis lama-lama apalagi kalau bank banyak nasabah nelayan petani, langsung bangkrut itu. Kalau tidak ada kompensasi apa pun, main hapus-hapus saja," tutupnya.

Sumber: