Debat Ke 3,Adu Gagasan Capres-Cawapres Mulai Pertahanan, Keamanan Hubungan Internasional Dan Geo politik 2024

Debat Ke 3,Adu Gagasan Capres-Cawapres Mulai Pertahanan, Keamanan Hubungan Internasional Dan Geo politik 2024

Foto:Tiga Pasangan Capres-Cawapres 2024--

DISWAYPROBOLINGGO ID.Jakarta, Minggu 07 Januari 2024.Rakyat Indonesia Acara Ini Di Tunggu Mereka Ingin Melihat 3 Kadidat Menyampaikan Visi Dan Misi Dengan Acara Debat ketiga Pilpres 2024 akan diselenggarakan di Istora Senayan, Jakarta Pusat, pada Minggu,07 Januari 2024. Kali ini para capres akan adu gagasan mengenai pertahanan, keamanan, geopolitik, dan hubungan internasional. Tema tersebut pun sudah tercantum di dalam visi misi mereka. 

BACA JUGA:Kembali Kampanye di Jatim, Muhaimin Harap Dukungan Untuknya Bisa Maksimal

BACA JUGA:Respon Gibran,Biar Om Roy Suryo Puas

Lantas, apa saja visi misi capres-cawapres dalam bidang pertahanan, keamanan, geopolitik, dan hubungan internasional?

Pasangan nomor urut 01 Anies-Cak Imin telah menyebut beberapa poin dalam visi misinya, beberapa yang menarik di antaranya adalah mendorong jumlah Tentara Nasional Indonesia (TNI) perempuan untuk mengisi jabatan perwira tinggi dan berperan penting dalam pasukan perdamaian Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB). 

Anie-Cak Imin juga menyebut akan memperkuat kerja sama ekonomi indonesia dengan negara maju yang memberikan transfer ekonomi dan teknologi untuk kemajuan Indonesia, seperti G20, Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD), Organisasi Kerja Sama Islam (OKI), dan Organisasi Negara-negara Asia Pasifik (APEC). 

Selain itu, Anies-Cak Imin juga berkomitmen menyeimbangkan posisi Indonesia dalam Belt and Road Initiative (BRI), BRICS, dan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), untuk mengambil manfaat optimal bagi perekonomian Indonesia. 

BACA JUGA:Moderator Debat Harus Tegas Dan Jelas ,Komisioner KPU RI August Mellaz

BACA JUGA:KPU Tetapkan Lokasi Dan Perluas Tema Debat Capres Ketiga..

Dalam agenda misinya itu, Anies-Cak Imin ingin mencapai politik luar negeri berlandaskan keadilan dan kemajuan dengan sejumlah cara. Salah satunya, memperkuat kedaulatan Indonesia di wilayah perbatasan dan di pulau-pulau terluar melalui modernisasi pos penjagaan serta tapal batas negara di darat, patroli militer dan penjaga pantai Indonesia di laut sesuai batas kedaulatan, dan pemberdayaan ekonomi masyarakat di perbatasan/pulau-pulau terluar. 

Calon Capres -Cawapres nomor urut 01 itu juga mengandalkan brand Indonesia sebagai soft power yang dikenal dunia. Beberapa cara di antaranya, menjadikan kuliner sebagai sarana penyebaran brand Indonesia ke seluruh dunia melalui fasilitasi dan skema insentif dari perwakilan Indonesia di Luar Negeri untuk memulai program ekspansi pusat UMKM kuliner Indonesia di mancanegara serta insentif ekspor dan offshoring industri F&B Indonesia di seluruh dunia. 

Selain itu, Anies-Cak Imin juga menyebut misinya dilakukan oleh dan untuk rakyat. Cara dengan mengikutsertakan diaspora Indonesia yang bermukim di segala penjuru dunia sebagai promotor produk Indonesia.

BACA JUGA:Terjadi Bentrokkan Didepan Markas Kodam XIII/Merdeka Sulawesi Utara

Sumber: