Debat Ke 3,Adu Gagasan Capres-Cawapres Mulai Pertahanan, Keamanan Hubungan Internasional Dan Geo politik 2024

Debat Ke 3,Adu Gagasan Capres-Cawapres Mulai Pertahanan, Keamanan Hubungan Internasional Dan Geo politik 2024

Foto:Tiga Pasangan Capres-Cawapres 2024--

BACA JUGA: Heboh, Aksi Gus Miftah Kasih duit Di Pemekasan,Bawaslu Komentar

Capres -Cawapres nomor urut 02 Prabowo-Gibran juga meramu salah satu misinya, yaitu memantapkan sistem pertahanan keamanan negara dan mendorong kemandirian bangsa melalui swasembada pangan, energi, air, ekonomi kreatif, ekonomi hijau, dan ekonomi biru. 

Dalam mencapai pertahanan dan keamanan negara, Prabowo-Gibran akan meningkatkan jumlah anggaran pertahanan secara bertahap untuk memenuhi kekuatan optimal dan melakukan modernisasi Alat Utama Sistem Senjata TNI (Alutsista). Selain itu, pasangan nomor urut 02 ini juga akan memperkuat kehadiran TNI di daerah perbatasan dan pulau terluar.

Tak ketinggalan, Prabowo juga akan memperkuat konsep dan praktik wawasan Nusantara bagi seluruh rakyat Indonesia dan memperkuat komponen cadangan dalam mencapai pertahanan dan keamanan negara. 

BACA JUGA:Apa Benar Jokowi ke Jateng,Bantu elektabilitas Prabowo - Gibran

BACA JUGA:Panelis Debat Capres dari Unhan Reaksi Mahfud soal Tidak Ada Masalah

Dalam agenda misinya mempertahankan keamanan negara melalui ekonomi biru, Prabowo-Gibran menyebut akan mempercepat penyelesaian perjanjian batas maritim Indonesia dengan 10 negara tetangga dan tetap mengedepankan prinsip kedaulatan dan kesejahteraan rakyat dalam skema good neighbour policy.

Selain itu, mereka juga akan membangun armada perikanan untuk melayani laut dalam Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) dengan skema PPPP (Public Private People Partnership) sehingga nelayan bisa mendapatkan modal dan kapal yang lebih besar.

Salah satu cara dalam mendukung pertahanan dan kemanan negara Prabowo juga akan memperkuat dukungan diplomasi terhadap upaya kemerdekaan dan kedaulatan Palestina antara lain dengan memperjuangkan pembukaan KBRI di Palestina. 

Capres -Cawapres nomor urut 02 juga berupaya dalam mencegah aksi terorisme dan radikalisme dengan reformasi sektor keamanan, pembenahan regulasi keamanan, reorientasi pendidikan aparat penegak hukum, dan melakukan kampanye sosial-kultural secara menyeluruh. Prabowo-Gibran juga ingin mengembalikan wibawa politik luar negeri Indonesia sebagai negara yang besar dan berdaulat di mata masyarakat internasional.

BACA JUGA:Mahfud MD Protes Simulasi Surat Suara Hanya Tampilkan 2 Paslon.

BACA JUGA:KPU Tetapkan Lokasi Dan Perluas Tema Debat Capres Ketiga..

Capres -Cawapres nomor urut 03 Ganjar-Mahfud menjelaskan upaya dalam mencapai pertahanan dan keamanan negara yang terpaparkan dalam agenda misinya, yaitu mempercepat peningkatan peran Indonesia dalam mewujudkan tata dunia baru yang lebih berkeadilan melalui politik luar negeri bebas aktif dan memperkuat pertahanan negara. 

Sumber: