Diduga Cari Jabatan untuk Menantu: Eks Presiden Korsel Moon Jae In Jadi Tersangka Suap

Diduga Cari Jabatan untuk Menantu: Eks Presiden Korsel Moon Jae In Jadi Tersangka Suap

Foto:Presiden Korea Selatan Moon Jae-in 2024--

DISWAYPROBOLINGGO.ID.Korsel.Rabu 04 September 2024.Jaksa Korea Selatan menetapkan mantan Presiden Moon Jae In sebagai tersangka dalam kasus penyuapan.

MoonJae In, tersangkut perkara rasuah lantaran Diduga Menggunakan Pengaruhnya Sebagai Kepala Negara Untuk Membantu Mantan Menantu Laki-Lakinya, Seo, memperoleh pekerjaan.

BACA JUGA:Dilarang: X Milik Elon Musk Beraktivitas di Brasil

BACA JUGA:Dilarang: X Milik Elon Musk Beraktivitas di Brasil

Asia News Network (ANN) hari ini melansir, Seo menerima perlakuan istimewa dengan mendapatkan pekerjaan di sebuah maskapai penerbangan.

Pekerajaan itu diberikan kepada sang mantan menantu sebagai imbalan karena Moon mengatur penunjukan pejabat penting pemerintah untuk politikus yang mendirikan maskapai penerbangan tersebut. Di Mana,diungkapkan sejumlah sumber hukum pada Minggu 09 September 2024.

Menurut ANN, Divisi Kriminal 3 Kantor Kejaksaan Distrik Jeonju memimpin penyelidikan atas potensi keterlibatan Moon, sebagaimana diperinci dalam surat perintah penggeledahan di rumah putrinya, Moon Da Hye (mantan istri Seo). Penggerebekan dilaksanakan pada Jumat 30 Agus 2024.

BACA JUGA:Capres Dari Partai Republik:Syah Donald Trump

BACA JUGA:Akan Membuat Kementerian Perumahan: Prabowo, Tujuannya Pengunaan Anggaran Rp 53 T Tepat Sasaran

Penggeledahan itu bermula dari pengaduan yang diajukan empat tahun lalu terkait perekrutan Seo di Thai Eastar Jet, yang kini telah menceraikan putri Moon. Penyelidikan difokuskan pada kemungkinan adanya hubungan antara pekerjaan Seo dan pengangkatan mantan anggota Parlemen Korsel, Lee Sang Jik, sebagai kepala Badan UMKM Korea atau KOSME.

Polisi Selidiki Telegram

Marak Video Porno Deepfake Perempuan Muda Korsel, Polisi Selidiki Telegram

Partai Kekuatan Rakyat yang berkuasa dan kelompok sipil "Rakyat Keadilan" yang berpusat di Seoul mengajukan empat pengaduan antara September 2020 dan April 2021.

Pengaduan mereka berisi tuduhan adanya kemungkinan adanya hubungan timbal balik.

Pada September 2020, Partai Kekuatan Rakyat, yang saat itu sebagai oposisi utama, mengajukan pengaduan korupsi kepada jaksa penuntut terkait pengangkatan Seo sebagai direktur eksekutif Thai Eastar Jet. Sementara Thai Easter Jet adalah maskapai penerbangan berbiaya rendah yang didirikan oleh Lee, seorang anggota parlemen dua periode dari Partai Demokrat yang saat itu berkuasa dan pendiri maskapai penerbangan berbiaya rendah Korea Selatan, Eastar Jet.

Lee diangkat menjadi presiden KOSME pada Maret 2018, beberapa bulan sebelum Seo bergabung dengan unit Eastar di Thailand pada Juli. Kurangnya pengalaman Seo dalam industri penerbangan, ditambah dengan kesulitan keuangan perusahaan, menimbulkan kecurigaan adanya keterlibatan kantor kepresidenan dalam pengangkatannya.

Jaksa menduga pengangkatan Lee sebagai kepala KOSME mungkin telah diputuskan selama pertemuan informal sekretaris presiden pada akhir 2017.

Jaksa menduga Moon dan istrinya telah lama mendukung keluarga putri mereka, tetapi menghentikan dukungan tersebut setelah Seo dipekerjakan oleh Thai Eastar Jet. Jika dukungan itu dihentikan setelah Seo dipekerjakan, jaksa yakin bahwa dukungan dari maskapai penerbangan tersebut, termasuk gaji dan perumahan Seo, dapat dianggap sebagai suap kepada Moon.

BACA JUGA:Kirim Negosiator:Israel ke Kairo, Bahas Gencatan Senjata di Gaza

BACA JUGA:Sebab COVID-19:Biden Mundur Nyapres , Batuk Belum Sembuh

Jaksa memperkirakan bahwa Seo menerima total 223 juta won dalam bentuk gaji dan biaya relokasi ke Thailand antara Juli 2018 dan April 2020, yang mereka anggap sebagai suap untuk Moon. Oleh karena itu, mereka mengindikasikan dalam surat perintah penggeledahan bahwa Moon diduga menerima jumlah tersebut sebagai suap dari Lee.

Sumber: