Ribuan Orang Dievakuasi: Akibat Pasukan Ukraina Serang Rusia Di Kota Kursk

Ribuan Orang Dievakuasi: Akibat Pasukan Ukraina Serang Rusia Di Kota Kursk

Foto:Pasukan Pro Rusia Evakuasi 50 Warga Sipil dari Pabrik Azovstal --

BACA JUGA:Serangan Udara: Puluhan Orang Luka-Luka Usai Di Yaman

Dalam Hal ini,Pejabat senior Ukraina belum berkomentar langsung mengenai serangan tersebut.

Tidak semua orang bisa pergi

Pihak berwenang di wilayah Sumy di timur laut Ukraina, tepat di seberang perbatasan Kursk, mengumumkan bahwa mereka mengevakuasi sekitar 6.000 orang. Beberapa ribu orang juga dievakuasi dari wilayah Kursk.

Beberapa blogger militer Rusia melaporkan pasukan Ukraina telah mencapai kota Sudzha, sekitar delapan kilometer dari perbatasan, dan terus-menerus menembaki kota tersebut.

Di kota kecil berpenduduk sekitar 5.000 jiwa ini terdapat stasiun meteran Sudzha, titik transit besar terakhir untuk pipa gas Rusia yang mengalir ke Eropa melalui Ukraina.

Seorang pendeta di kota itu, Evgeny Shestopalov, mengatakan dalam sebuah video yang dibagikan oleh media Rusia bahwa Sudzha "terbakar" dan penduduk yang tidak dapat mengungsi berlindung di gerejanya.

Sebuah stasiun TV lokal Rusia menyiarkan gambar dari pusat kota yang menunjukkan bangunan-bangunan hancur, puing-puing berserakan di seberang jalan dan lubang-lubang besar di tanah akibat serangan artileri.

Garda Nasional Rusia mengatakan pihaknya memperkuat pertahanan di pembangkit listrik tenaga nuklir Kursk, sekitar 60 kilometer dari perbatasan dengan Ukraina.

Kepala Staf Umum Rusia, Valery Gerasimov, mengatakan 1.000 pasukan Ukraina terlibat dalam serangan tersebut. Pasukan Rusia telah menghentikan mereka untuk melakukan penetrasi lebih jauh ke wilayah Kursk.

“Operasi ini akan berakhir dengan kekalahan musuh dan mereka didorong kembali ke perbatasan negara,” Ujarnya kepada Putin dalam pertemuan yang disiarkan televisi.

 

 

Sumber: