Erupsi Gunung Ruang:Bandara Sam Ratulangi Manado Ditutup

Erupsi Gunung Ruang:Bandara Sam Ratulangi Manado Ditutup

Foto:Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado Karena Sebaran Abu Vulkanik Gunung Ruang--

DISWAYPROBOLINGGO.Manado.Kamis 18 April 2024.Aktivitas Kawasan Bandara Sam Ratulangi Manado ditutup, Kamis 18 April 2024 hari ini, Di Sebabkan Erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara (Sulut).

Dari dokumen NOTAM (Notice to Airmen) yang disebutkan jika Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado Karena Sebaran Abu vulkanik Gunung Ruang.

BACA JUGA:Jadi Tersangka:Cak Imin Tanggapi Gus Muhdlor

BACA JUGA:Tol Semarang:One Way Lokal di KM 425 Tol-KM 414 Kalikangkung Diberlakukan

Sebelumnya, pada pagi hari tadi, sudah ada tiga penerbangan yang dibatalkan. Ketiga penerbangan itu adalah Garuda Indonesia tujuan Jakarta pukul 07.50 Wita, Citilink tujuan Makassar pukul 08.30 Wita dan TransNusa tujuan Sorong pukul 09.00 Wita.

Penundaan penerbangan itu menurut Humas Bandara Sam Ratulangi Manado, Yanti Pramono, disebabkan alasan keselamatan penerbangan itu sendiri.

BACA JUGA:TAKUTNYA:Israel,Iran Menyerang

BACA JUGA:Tol Dalam Kota Arah Cengkareng:Kecelakaan Libatkan Tiga Pengemudi Mobil

"Akibat erupsi Gunung Ruang, faktor keselamatan itu yang diutamakan," ujar Yanti.

Sebelumnya, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) telah menaikkan status Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara (Sulut), dari level 3 Siaga menjadi Level 4 Awas. Status ini terhitung mulai Rabu 17 April  2024 pukul 21.00 Wita.

PVMBG merekomendasikan tidak ada aktivitas apa pun di radius enam kilometer dari gunung berapi yang dalam sehari (Rabu 17 April 2024) telah meletus atau erupsi sebanyak empat kali tersebut.

Kepala PVMBG, Hendra Gunawan, mengatakan hasil evaluasi yang dilakukan, ketinggian kolom erupsi cenderung meningkat, dengan material erupsi yang terdiri dari abu dan lontaran batuan pijar yang mencapai jarak sekitar lima kilometer di pulau Tagulandang.

BACA JUGA:Mirip Simbol Nazi:Saat Adidas Larang Pembelian Jersey No 44 Jerman

BACA JUGA:Diduga Terima Suap:KPK Telusuri Rekening Bank, Jaksa

Sumber: