Kondisi Baru:Bank Indonesia Pastikan Penukaran Uang Lebaran

Kondisi Baru:Bank Indonesia Pastikan Penukaran Uang Lebaran

Foto:Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Jawa Barat Menyediakan Lokasi Penukaran Uang Baru 2024--

DISWAYPROBOLINGGO.Jakarta,Selasa 26 Maret 2024.Bank Indonesia (BI) memastikan uang yang diedarkan selama periode Ramadan dan Idulfitri (RAFI) merupakan uang layak edar (ULE) dengan kondisi baru. Adapun total uang yang disiapkan BI senilai Rp 197,6 triliun.

BACA JUGA:Wall Street Ditutup Melemah:Jelang Rilis Data

BACA JUGA:Pergerakan Dolar Amerika Serikat Terhadap Mata Uang Lainnya Termasuk Rupiah

"Untuk kebutuhan Lebaran BI menyiapkan uang layak edar dengan uang baru kepada masyarakat. Melalui Kegiatan Penukaran SERAMBI," Ujarnya Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia, Marlinson Hakim kepada Awak Media dikutip Selasa 26 Maret 2024.

Marlinson melanjutkan, informasi yang beredar di masyarakat soal Surat Bank Indonesia no 26/10/DPU-DLK/SRT/B tanggal 24 Januari 2024, Permintaan Proyeksi Penarikan Uang Rupiah Menjelang Hari Raya Fitri tahun 2024 adalah hoaks.

"Abaikan saja (surat itu). Ini Hoaks," tegasnya.

Adapun, isi surat edaran tersebut adalah Bank Indonesia menyatakan bahwa pemenuhan kebutuhan Idul Fitri adalah ULE (Uang Layak Edar) bukan Uang Baru/Hasil Cetakan Sempurna (HCS).

BACA JUGA:Dampak Kenaikan Cukai 10% Di Jatim, Jangan Sampai Mematikan IHT Yang Tengah Berkembang

BACA JUGA:Pelabuhan Kuala Tanjung:Pelindo Bangun Hub Logistik

Di sisi lain, jumlah uang yang disediakan ini meningkat 4,65 persen dibandingkan realisasi tahun 2023 yang tercatat sebesar Rp188,8 triliun. Antisipasi kenaikan jumlah uang yang disiapkan mempertimbangkan peningkatan mobilitas masyarakat RAFI dan pertumbuhan ekonomi yang meningkat.

Terhitung mulai 15 Maret sampai 7 April 2024, masyarakat dapat melakukan penukaran uang Rupiah di 4.264 titik layanan kantor bank umum yang tersebar di seluruh Indonesia dengan lokasi sebagaimana terlampir.

BI juga menyediakan opsi layanan penukaran uang Rupiah melalui Layanan Kas Keliling di lokasi-lokasi strategis seperti pasar tradisional dan modern, dan Kas Keliling Susur Sungai di beberapa wilayah. Khusus untuk wilayah DKI Jakarta, BI bersama perbankan akan menyediakan Layanan Penukaran Terpadu pada 28 sampai 31 Maret 2024 di Istora Senayan. Di daerah, hal serupa akan diselenggarakan antara lain di stadion dan alun-alun kota.

BACA JUGA:Akan Keluar:Hotman Paris dari Industri Hiburan RI

BACA JUGA:Efek Rupiah Tembus Rp 15.820 per Dolar AS,IHSG Diproyeksi Sideways

Sumber: