Habiskan Rp 68 T:Pembangunan IKN

Habiskan Rp 68 T:Pembangunan IKN

Foto:Kepala Satuan Tugas (Satgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis H. Sumadilaga 2024--

DISWAYPROBOLINGGO.Jakarta,Selasa 27 Februari 2024.Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) sudah menelan dana APBN sebesar Rp 68,6 triliun. Ini merupakan alokasi anggaran pembangunan tahap awal yang dikerjakan Kementerian PUPR.

BACA JUGA:Pernikahan Semua Agama:Mentri Agama, KUA Masih Dibahas

BACA JUGA:Komut Pertamina Mundur: Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok

Kepala Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan IKN Danis H. Sumadilaga Mengatakan, Total Dana Tersebut Digunakan Untuk 89 Paket Pekerjaan. 

"Total dana sampai saat ini kurang lebih Rp 68,9 triliun. Didistribusikan ke dalam 89 paket pekerjaan konstruksi,"Ucapnya Danis saat ditemui di Hotel Shangri-La Jakarta, Senin 26 Februari 2024. 

Danis menjelaskan, progres terbaru pembangunan IKN tahap I mencapai 76 persen. Tahap ini meliputi Istana Presiden dan lapangan upacara, Sumbu Kebangsaan Tahap I, dan Bendungan Sepaku Semoi yang dimulai sejak 2023.

BACA JUGA:INDONESIA:Dapat Dana Hibah 309 Juta Dolar AS Untuk Kesehatan

BACA JUGA:Cooling System:Polisi Minta Para Rektor Testimoni Kinerja Jokowi

"Progres batch 1 sebesar 74,29 persen, minggu ini sudah 76 persen, dan batch 2 sebesar 23 persen," sambungnya.

Pembangunan tersebut terdiri dari Istana Negara yang sudah mencapai 56 persen, kemudian kawasan perkantoran, hunian, peribadatan, bendungan, sistem air minum, sanitasi, dan pembangunan jalan tol.

Danis menghitung rata-rata progres pembangunan IKN mencapai 1-2 persen per minggu. Dengan demikian, IKN tahap I akan memasuki progres di atas 90 persen sebelum Agustus 2024.

BACA JUGA:Sepi Konvoi:Saat Sri Sultan HB X Mensyukuri Kampanye Pemilu 2024.

BACA JUGA:TAK GENDONG KE MANA MANA? Kampanye Ganjar 'Diikutin' Jokowi

"Kalau kita ambil rata-rata 1,5 persen, sisa waktu yang ada sekitar 16-17 minggu. Kalau kita kali itu insyaallah Juli-Agustus sudah lebih dari 90 persen, jadi sudah fungsional,"Tutupnya Danis.

Sumber: