Roket SpaceX Falcon 9:Satelit Merah Putih 2 Telkom Sukses Meluncur

Roket SpaceX Falcon 9:Satelit Merah Putih 2 Telkom Sukses Meluncur

Foto:Satelit Merah Putih Bersama Roket Falcon 9 Telah Berada Di Area Peluncuran, Florida, AS 2024--

DISWAYPROBOLINGGO,Florida,Rabu 21 Februari 2024.Satelit Merah Putih 2 akhirnya Resmi Meluncur Ke Angkasa. Satelit Milik Telkomsat, Anak Usaha Telkom, Itu Mengudara Dengan Menggunakan Roket Falcon 9 Milik SpaceX Dari Fasilitas Peluncuran Roket Cape Canaveral, Florida, AS.

BACA JUGA:Heboh Sirekap: Bawaslu Temukan Kejanggalan,Satu TPS Punya 80.000 Pemilih

BACA JUGA:Potensi Menjadi Revolusioner, Apple Vision Pro Mendapat Apresiasi dari Berbagai Pihak

Satelit tersebut diterbangkan pada Selasa 20 Februari  2024 pukul 15.10 waktu setempat atau Rabu 21 Februari 2024 pukul 03.10 dini hari WIB. Cuaca di lokasi sangat bagus kala itu. Diiringi suara gemuruh dan asap putih yang keluar saat roket lepas landas.

Falcon 9 sendiri merupakan roket daur ulang dengan dua tahap peluncuran. Pada 10 menit setelah peluncuran, roket pertama Falcon 9 berhasil kembali ke Bumi dengan mulus, dan perjalanan diteruskan oleh roket kedua. Kemudian di menit 34, roket kedua sukses melepas satelit ini di angkasa. Perjalanan Satelit Merah Putih 2 selanjutnya menuju orbit akan dioperasikan dan diupayakan oleh Thales Alenia Space selaku pabrikan satelit ini.

BACA JUGA:Drone Karya Anak Bangsa , Axio Sekar Agri Hadir Unruk Industri Pertanian

BACA JUGA:Lanjutkan:Telkom Lanjutkan Transformasi Perusahaan

Satelit Merah Putih 2 akan memakan waktu beberapa hari sejak pemisahan satelit dari kendaraan yang membawanya ke angkasa hingga tiba di posisi orbitnya. Dia bakal menempati slot orbit 113 derajat Bujur Timur (113°BT). Satelit pun bakal melakukan serangkaian tes untuk memastikan kinerjanya optimal.

Satelit Merah Putih 2 merupakan satelit berteknologi High Throughput Satellite (HTS). Dengan kapasitas 32 Gbps, dia membawa transponder aktif yang terdiri dari frekuensi C-Band dan Ku-Band yang akan menjangkau seluruh area Indonesia.

Satelit ini memiliki dimensi kotak, dengan ukuran 1,8 meter x 2,3 meter x 4,7 meter. Apabila dihitung dengan dua panel surya yang terbentang di sampingnya, maka total panjangnya menjadi 26 meter.

Ririek Adriansyah, Direktur Utama Telkom, mengatakan kepada kumparan, bahwa negara kepulauan seperti Indonesia yang memiliki banyak remote area, sangat membutuhkan satelit untuk melengkapi infrastruktur kabel laut dan infrastruktur di darat. Ketiga infrastruktur itu dapat bersatu untuk mendorong pemerataan akses telekomunikasi dan internet di Indonesia.

Satelit Merah Putih 2 mengandalkan platform Spacebus 4000B2, yang memiliki kapasitas transmisi besar dengan bodi lebih kecil dan ringan. Telkom memercayakan Thales Alenia Space asal Prancis untuk merakit Satelit Merah Putih 2, sementara SpaceX dipilih sebagai jasa peluncurannya.

BACA JUGA:Google PHK Ratusan Karyawan ,SDM Tergeser Teknologi Ai

BACA JUGA:Chery Omoda E5:'Kamera 540' Bisa Lihat Kolong Mobil

Sumber: