KPU: Tak Ada Niat Manipulasi Suara,Kami Janji Akan Mengoreksi Kembali

KPU: Tak Ada Niat Manipulasi Suara,Kami Janji Akan Mengoreksi Kembali

KPU Langsung Koreksi Beda Data Perolehan Suara TPS dan Sirekap--(Foto: Media X)

DISWAYPROBOLIMGGO.ID-Protes bertebaran usai laman penghitungan suara sementara Komisi Pemilihan Umum (KPU) menampilkan konversi formulir C1-Plano atau catatan hasil penghitungan suara Pemilu 2024 dengan jumlah tidak akurat.

Hasyim Asy'ari Ketua Komisi Pemilihan Umum mengatakan pihaknya tak berniat memanipulasi data perhitungan suara dari unggahan C1 tersebut.

"Tidak ada niat ubah-ubah suara," kata Hasyim kepada wartawan di Media Center KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, 15 Februari kemarin.

BACA JUGA:

Menurut Hasyim itu hanya Kekeliruan, karena pada formulir C1 hasil plano diunggah apa adanya. Seperti diunggah anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara atau KPPS.

Ia juga mengklarifikasi perihal kekacauan konversi data C1. Dia mengaku mendapat protes lewat unggahan di media sosial maupun pesan pribadi WhatsApp. Pesan itu mengabarkan data perolehan suara per TPS yang diunggah dalam Sirekap tidak sinkron.

Hasyim mengatakan data perolehan suara tersebut bukan salah ketik. Formulir C1 dibaca oleh sistem dalam Sirekap. "Terkadang salah baca dan akibatnya salah konversi hasil hitung suara," ujar dia.

BACA JUGA:

Menurut Hasyim, KPU menyadari terdapat kesalahan hasil perolehan suara yang merupakan konversi hasil pembacaan foto C1 di TPS. Dia mengaku meminta maaf ata kekeliruan tersebut dan berjanji mengoreksi kesalahan tersebut.

"Tidak ada niat dan tindakan KPU beserta jajaran penyelenggara pemilu melakukan manipulasi hasil perolehan suara per TPS hasil unggah formulir C1 TPS dalam Sirekap," ujar dia

Sumber: