Meta Akan Membuat Chip AI Miliknya Sendiri, Dinamai Artemis

Meta Akan Membuat Chip AI Miliknya Sendiri, Dinamai Artemis

Meta, yang memiliki rencana menggunakan chip buatannya miliknya sendiri --Instagram

DISWAYPROBOLINGGO.ID - Meta, yang memiliki rencana menggunakan chip buatannya miliknya sendiri di data center mereka yang bertugas untuk mengurus teknologi kecerdasan buatan AI.

Rencana Meta yang terungkap dalam dokumen internal yang dilihat oleh Reuters, dan juga merupakan penerus dari chip buatan Meta yang diumumkan pada tahun 2023 lalu. Tujuan pembuatan chip tersebut ialah untuk mengurangi ketergantungan Meta pada Nvidia, pabrikan chip AI terbesar saat ini.

Chip baru ini secara internal akan dinamai Artemis, dan sama seperti pendahulunya chip tersebut hanya memiliki tugas untuk mengurus satu proses pengolahan data yang bernama 'inference'. Yaitu large language model dimana menggunakan algoritmanya untuk membuat penilaian peringkat dan menghasilkan respons terhadap permintaan pengguna.

BACA JUGA:AiShark:Teknologi Ai Tingkatkan GameShark

Tetapi sebelumnya Meta juga pernah menggarap chip lain yang lebih ambisius, yaitu seperti GPU Nvidia yang bisa dipakai untuk melatih algoritma dan juga inference.

Menurut Dylan Patel dari Semi Analysis, rencana dalam pembuatan chip ini jika berhasil dikatakan bisa mengirit pengeluaran Meta yang bisa mencapai hingga ratusan juta dolar dalam hal penggunaan energi, dan bahkan hingga miliaran dolar untuk pembelian chip.

Juru bicara Meta mengkonfirmasi atas rencana produksi chip ini, yang akan dimulai produksi nya tahun ini. Chip tersebut yang nantinya akan digabungkan pemakaiannya dengan ratusan ribu GPU yang akan diborong oleh Meta, seperti yang sebelumnya yang sudah dikonfirmasi oleh CEO Meta Mark Zuckerberg.

BACA JUGA:Microsoft Dukung Kominfo Soal Etika kecerdasan Artificial AI

"Kami melihat akselerator yang dikembangkan secara internal ini akan menjadi pelengkap untuk GPU yang tersedia secara komersial dalam menghadirkan gabungan performa dan efisiensi yang optimal demi keperluan Meta yang spesifik," ucap juru bicara Meta dalam pernyataannya.

Sumber: