Capres 01:Keputusan Belanja Alutsista Yang Tak Mementingkan Kebutuhan Masa Depan

Capres 01:Keputusan Belanja Alutsista Yang Tak Mementingkan Kebutuhan Masa Depan

Foto:Calon Presiden Nomor Urut Satu Anies Baswedan 2024 --

DISWAYPROBOLINGGO ID.Jakarta, Minggu 07 Januari 2024Calon Presiden nomor Urut Satu Anies Baswedan menyinggung soal keputusan belanja alutsista yang tak mementingkan kebutuhan masa depan. Hal ini disampaikannya saat debat ketiga Pilpres 2024, Minggu 07 Januari 2024.

BACA JUGA:Capres 03 :Saya Buat Rencana, yang Tentukan Mentri keuangan

BACA JUGA:Permasalahan Sengketa Laut China Selatan,Capres 03 :ASEAN Rumitnya

Di Mana Menyampaikan Prabowo Subianto mempertanyakan jawaban Anies yang berbeda dari cawapresnya, Cak Imin, terkait belanja alat-alat perang. Anies setuju dengan Prabowo yang mendukung kenaikan anggaran alutsista sebesar 1-2 persen. Sebelumnya, Cak Imin menyebut tak perlu beli, sebab negara tidak dalam keadaan perang.

Menurut Anies, pertahanan lebih dari sekadar pertahanan teritorial. Dia beranggapan masyarakat butuh pertahanan atas peretasan dan lainnya.

"Bagaimana ancaman atas penipuan online, bagaimana ancaman atas judi online, bagaimana ancaman-ancaman terorisme. Itu semua membutuhkan perhatian," kata Anies saat menjawab Prabowo.

BACA JUGA:Kepentingan Nasional Harus Di Prioritaskan Capres 03: Polugri Alat Negosiasi Kondisi Kekinian

BACA JUGA:Debat Ke 3,Adu Gagasan Capres-Cawapres Mulai Pertahanan hingga Hubungan Internasional

"Jadi, bukan memutuskan untuk belanja alutsista berdasarkan selera dan berdasarkan preferensi masa lalu. Tapi harus mencerminkan kebutuhan masa depan. Inilah yang menurut kami penting," Ujarnya Anies.

Anies beranggapan ancaman kini telah mengalami pergeseran, sehingga diperlukan strategi yang tepat untuk mengatasinya. Kenaikan anggaran untuk pertahanan, menurutnya, memang perlu, namun alokasinya bukan lagi hanya untuk pertahanan teritorial.

Sumber: