Rupiah Strong: Bisa Jadi IHSG Hijau Bias Kurs Rupiah

Rupiah Strong: Bisa Jadi IHSG Hijau Bias Kurs Rupiah

Foto:Pengunjung Di Galeri Bursa Efek Indonesia, Jakarta --

DISWAYPROBOLINGGO.Jakarta, Jum'at 17 Mei 2024.Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi menguat hari ini, Jumat 17 Jum'at 2024.Pada penutupan perdagangan saham Kamis 16 Mei 2024, IHSG ditutup Strong 66,864 poin (0,93 persen) Ke 7.246,696.

BACA JUGA:SUMBER DAYA ALAM:Solid Naik,Nikel 2,1 Persen, Batu Bara 0,9 Persen

BACA JUGA:Jerome Powell:Berhasil Raih Investor soal Inflasi,Wall Street Bangkit

Head of Research Phintraco Sekuritas, Valdy Kurniawan, menjelaskan IHSG berpeluang melanjutkan penguatan ke kisaran 7300 untuk membentuk pola three white soldiers hari ini. Kemarin, IHSG mengalami uji resistance level 7250 dan membentuk rising window (gap up).

"Bersamaan dengan penguatan tersebut terbentuk pelebaran positive slope pada MACD dan terbentuk pola minor double bottom sebagai indikasi kuat minor bullish reversal," Tegasnya Valdy dalam analisisnya, Jumat 17 Mei 2024.

BACA JUGA:Lampu Hijau:IHSG Dibuka , Naik 0,15 Persen

BACA JUGA:Dow Jones Naik:Wall Street Ditutup

Valdy memaparkan sentimen penggerak IHSG hari ini yaitu nilai tukar Rupiah mulai menguat di bawah Rp16.000 per dolar AS sampai kemarin sore. Penguatan ini, kata dia, sejalan dengan meredanya capital outflow dari pasar saham Indonesia.

"Pemicu utama adalah peningkatan keyakinan pasar terhadap peluang pemangkasan suku bunga the Fed di September 2024. CME FedWatch Tools mencatat peluang pemangkasan di periode tersebut di 49.7 persen, dibanding peluang ditahan sebesar 32.9 persen," tuturnya.

Sementara itu, sentimen eksternal berupa realisasi kontraksi ekonomi (annualized) Jepang sebesar 2.0 persen di kuartal I 2024, lebih dalam dari perkiraan (-1.5 persen), dan pelemahan produksi industri Jepang ke 6.2 persen di Maret 2024 diperkirakan turut memicu capital inflow ke Indonesia.

Adapun saham-saham yang menurut Valdy bisa diperhatikan investor hari ini adalah PWON, CTRA, ASII, LSIP dan PGEO.

BACA JUGA:Naik Bisa Turun:Harga Emas 9 Mei 2024

BACA JUGA:Referensi :Saham Pagi Ini ,IHSG Bisa Jadi Mental

Sementara itu, Tim Analis MNC Sekuritas juga memprediksi IHSG hari ini akan menguat. Penguatan IHSG kemarin masih didominasi oleh volume pembelian, namun masih tertahan oleh MA60.

Sumber: