Ular Tangga:Mulai Tekan Israel, Joe Biden Buka Suara Dikampus Terhebat Amerika Serikat

Ular Tangga:Mulai Tekan Israel, Joe Biden Buka Suara Dikampus Terhebat Amerika Serikat

Foto:Presidden Amerika Serikat Joe Biden 2024--

DISWAYPTOBOLINGGO.Amerika Serikat, Jum'at 26 April 2024.Mulai dari Presiden AS Joe Biden hingga kampus-kampus ternama di Amerika Serikat mulai menekan tindakan Israel terhadap Palestina.

Biden Memperingatkan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu jika setiap langkah yang diambil Israel akan mempengaruhi dukungan ke mereka.

Aksi pro-Palestina juga terjadi di kampus-kampus ternama di Amerika Serikat (AS) pada pekan ini.

BACA JUGA:Pantau Langsung:Kim Jong-un ,Latihan Serangan Balik Korea Utara

BACA JUGA:LAKU JUALAN:AS Setujui Bantuan USD 95 M

Gerakan dukungan terhadap perjuangan Palestina melawan Israel bermula dari kampus top di New York, yaitu Columbia University. Kemudian aksi ini menular di berbagai kampus ternama lainnya seperti MIT, Harvard sampai University of Michigan.

Mayoritas aksi di berbagai kampus di seantero AS ini digelar secara independen. Akan tetapi ada pula yang digelar berkoordinasi antarkampus.

Aksi sampai bikin tendaSalah satu demo terjadi di Universitas Southern California pada hari Rabu (24/4) waktu setempat. Polisi pun sempat meminta aksi ini dibubarkan hingga memicu kericuhan. Aksi dorong pun terjadi.

BACA JUGA:MAKIN MEMANAS:Kapal Rudal Hipersonik:Rusia Dikerim Usai Iran Gebuk Israel

BACA JUGA:Perseteruan Memanas:Hubungan Iran dan Israel

Terdengar slogan populer di aksi ini: From the river to the sea, Palestine will be free yang berarti "dari sungai ke laut Palestina akan merdeka".

Di tengah itu, kampus menutup gerbang setelah mahasiswa dan pengunjuk rasa mulai memenuhi taman kampus. Mereka menyerukan universitas tersebut memutus hubungan keuangan dengan Israel di tengah perang yang sedang berlangsung.

Mereka yang demo bahkan sampai ada yang mendirikan tenda di kampus. Oleh karenanya, polisi ingin membubarkan sehingga terjadi gesekan.

Sebanyak 20 mahasiswa pro-Palestina di USC dilaporkan ditangkap oleh aparat keamanan di AS.

Sumber: