SUMSEL:Direktur TI BPJS Kesehatan Cek Pelayanan Online JKN

SUMSEL:Direktur TI BPJS Kesehatan Cek Pelayanan  Online JKN

Foto:Pelayanan Melalui Layanan Digital (Antrean Online)--

DISWAYPROBOLINGGO.Palembang,Kamis 25 April 2024.Direktur Teknologi dan Informasi (TI) BPJS Kesehatan, Edwin Aristiawan, melakukan Peninjauan Langsung Implementasi Antrean Online Ri RS Khusus Gigi Mulut dan RS Khusus Mata Masyarakat Provinsi Sumsel, Kamis, 25 April 2024.

BACA JUGA:Parah:70% Penderita Kanker Payudara BACA JUGA:DBD:RSUD Jombang Meningkat, 5 Orang Meninggal Dunia

Hal ini dilakukan untuk memastikan sistem pendaftaran pelayanan melalui layanan digital (antrean online) Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Fasilitas Kesehatan (Faskes) berjalan dengan baik.

Edwin Aristiawan, mengatakan dengan adanya sistem antrean online ini akan memberikan kemudahan peserta JKN dalam mengakses pelayanan kesehatan.

“Sistem antrean online ini merupakan salah satu upaya BPJS Kesehatan dalam meningkatkan mutu layanan kesehatan," katanya.

Dengan transformasi digital ini untuk meningkatkan transformasi mutu layanan JKN. BPJS Kesehatan mengubah pola kebiasaan masyarakat yang tadinya takut tidak kebagian antrean dokter, sehingga waktu mereka menjadi tidak efisien karena datang lebih pagi untuk mengantre.

“Melalui sistem antrean online, peserta bisa lebih menghargai waktu, tidak ada penumpukan pasien di Faskes, peserta juga dapat melakukan kegiatan yang lainnya,” Ujarnya Edwin.

BACA JUGA:DBD:RSUD Jombang Meningkat, 5 Orang Meninggal Dunia

BACA JUGA:Diduga Kecapekan:Ketua KPPS di Kota Bandung Meninggal Usai Pemilu

Perlu diketahui, karena sistem antrean online terintegrasi dengan Aplikasi Mobile JKN, sehingga peserta JKN dapat mengunduh aplikasi mobile terlebih dahulu untuk bisa mengakses pendaftaran pelayanan melalui antrean online di Faskes.

Edwin menyebut, dengan memanfaatkan antrean online peserta JKN yang membutuhkan pelayanan kesehatan bisa mendaftar dari mana saja dan kapan saja.

“Sangat mudah dan simpel. Karena terintegrasi dengan aplikasi mobile JKN, peserta bisa mengambil antrean pelayanan kesehatan dari mana saja dan kapan saja tanpa harus menunggu lama di Faskes. Hemat energi dan biaya,” ujarnya.

Untuk mengakses antrean online, pada aplikasi mobile JKN pilih fitur Pendaftaran Pelayanan (Antrean). Nantinya akan ada dua menu yang tersedia, yakni Faskes Tingkat Pertama dan Faskes Rujukan Tingkat Lanjut. Peserta dapat memilih sesuai kebutuhan.

BACA JUGA:Telalu Lama Duduk Bisa Menyebabkan Berbagai Macam Penyakit Bahkan Mati Muda! Ini Penjelasan Nya

BACA JUGA:Tes Pramusim MotoGP 2024 Qatar- Start 18.00 WIB, Lintasan Terang Digelapnya Malam

Kemudian, pada menu Faskes tingkat pertama, ada beberapa hal yang harus dipilih dan diisi, seperti siapa peserta yang akan berobat, poli, tanggal daftar, jadwal praktik dokter dan keluhan.

“Untuk menu Faskes Rujukan Tingkat Lanjut, harus ada surat rujukan dari Faskes Tingkat Pertama (FKTP), itu akan secara otomatis terintegrasi pada Aplikasi Mobile JKN ketika FKTP memberikan surat rujukan kepada peserta. Selanjutnya, peserta bisa memilih tanggal berkunjung. Antrean ini bisa diambil satu hari sebelum jadwal layanan yang diinginkan peserta JKN,” Ujarnya Edwin.

Setelah proses pendaftaran antrean berhasil, nomor antrean akan muncul beserta waktu tunggu antrean, maka peserta bisa memperkirakan kapan harus datang ke Faskes.

“Edwin berharap, peserta bisa memanfaatkan kemudahan yang ada ketika mengakses pelayanan kesehatan. Selain mempermudah proses pendaftaran pada pelayanan kesehatan, sistem antrean online juga mengurangi waktu tunggu, sehingga tidak terjadi penumpukan antrean di Faskes,”Tegasnya.

“Manfaatkan kemudahan yang ada ini, cukup melalui Aplikasi Mobile JKN sudah bisa menghemat waktu dan tenaga untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Tentu tidak akan berjalan maksimal tanpa adanya dukungan dan upaya bersama dengan Faskes. Kita bangun bersama sistem layanan JKN menjadi semakin baik dan nyaman untuk peserta JKN,” lanjutnya Edwin.

Sementara itu, Direktur RS Mata Masyarakat Provinsi Sumatera Selatan, Lady Kavotiner menyambut baik kunjungan dari BPJS Kesehatan. Hal ini menjadi semangat bagi manajemen RSK Mata Masyarakat Provinsi Sumatera Selatan dalam memberikan pelayanan yang lebih baik kepada peserta JKN.

Lady berkomitmen akan terus berusaha untuk sistem pelayanan yang memudahkan, tidak hanya bagi peserta JKN namun juga bagi manajemen RSK Mata Masyarakat Provinsi Sumsel.

“Kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang lebih baik. Pasien terbanyak RSK Mata Masyarakat Sumsel merupakan peserta JKN. Kami bekerja sama untuk Program JKN bersama teman-teman dari BPJS Kesehatan Cabang Palembang," katanya.

"Semoga kami bisa menikmati transformasi digital ini, sehingga layanan kami lebih mudah dan cepat sehingga meningkatkan kepuasan bagi RS Khusus Mata Masyarakat Provinsi Sumatera Selatan dan Program JKN,” Tegasnya Lady.

Di kesempatan yang sama, Edwin sekaligus memberikan piagam penghargaan kepada RSK Gigi Mulut dan RS Khusus Mata Masyarakat Provinsi Sumatera Selatan sebagai bentuk apresiasi atas pelaksanaan antrean online JKN.

Sumber: