Ilmuwan:Kontrol Robot Pakai Gerakan Tangan

Ilmuwan:Kontrol Robot Pakai Gerakan Tangan

Foto:Ahli robot dari University of Melbourne Denny Oetomo 2024--

DISWAYPROBOLINGGO.Teknologi,Kamis 21 Maret 2024.Ilmuwan telah mengembangkan Aplikasi Untuk Apple Vision Pro, Perangkat Mixed Reality, yang memungkinkan Pengguna Mengendalikan Robot Hanya Dengan Menggunakan Gerakan Kepala Dan Tangan.

Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengontrol mesin dari jarak jauh dalam berbagai skenario, mulai dari bermain hingga menavigasi zona bencana.

BACA JUGA:Teknologi STS Scane Hadir Di Pelabuhan Bongkar Muat Batu Ampar,Lebih Canggih Dan Efektif

BACA JUGA:Mobil Listrik:Indonesia, Model Pertama bZ4x?

Aplikasi yang diberi nama “Tracking Streamer” ini melacak pergerakan manusia khususnya bagian kepala, pergelangan tangan, dan jari, serta mengalirkan data ini melalui koneksi WiFi ke robot di jaringan yang sama.

Robot yang terhubung kemudian menerjemahkan data ke dalam gerakan yang sesuai.

Peneliti menerbitkan karya mereka dalam jurnal pendek di Github, platform berbagi kode komputer, pada 9 Maret 2024. Sistem yang mereka buat dapat melacak 26 titik di tangan dan pergelangan tangan, serta titik terpisah di kepala. Dia juga mampu mencatat data spasial. Pengembang aplikasi yang juga mahasiswa doktoral di MIT, Younghyo Park, memposting video di media sosial X yang memperlihatkan bagaimana sistem bekerja.

BACA JUGA:Ahli Kimia Bolivia:Temuan, Minyak Bekas Menjadi Sabun

BACA JUGA:Google PHK Ratusan Karyawan ,SDM Tergeser Teknologi Ai

Video yang dibagikan memperlihatkan Gabe Margolis, rekan penulis studi dan mahasiswa pascasarjana di MIT, mengendalikan robot berkaki empat hanya dengan menggerakkan tangan dan tubuh.

Margolis melakukan gerakan untuk memerintah robot mendekati pintu yang tetutup, memutar pegangan dengan grippernya, membuka pintu tersebut dan berjalan masuk. Di adegan lain, ia memberi isyarat kepada robot untuk mengambil tutup tempat sampah plastik dan membuangnya tempat sampah. Pada satu titik, Margolis juga mencoba membungkuk sehingga memicu robot meniru gerakannya.

BACA JUGA:Teknologi Mesin Sinar-x Portabel Hadir Lakukan Rontgen Yang Lebih Sederhana

BACA JUGA:Chery Omoda E5:'Kamera 540' Bisa Lihat Kolong Mobil

Apple sendiri meluncurkan headset yang menggabungkan virtual reality (VR) dan augmented reality (AR) Vision Pro pada Februari 2024 lalu. Perangkat ini menjadi viral dalam sekejap. Bahkan di media sosial, beredar banyak orang memakai Apple Vision Pro di ruang publik.

Sumber: