Mobil Listrik:Indonesia, Model Pertama bZ4x?

Mobil Listrik:Indonesia, Model Pertama bZ4x?

Foto:Peluncuran Wobil Listrik Toyota bZ4X di Indonesia 2024.--

DISWAYPROBOLINGGO ID.Jakarta, Senin 22 Januari 2024.Dunia Otomotif Sekarang Semkin Teknologi Semakin Berkembang Di Mana Dengan Munculnya Mobil Dengan Menggunakan Listrik Dengan Ini,Direktur Pemasaran PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengaku, pihaknya membuka peluang untuk memproduksi lokal mobil listrik Toyota di Indonesia.

BACA JUGA:Ahli Kimia Bolivia:Temuan, Minyak Bekas Menjadi Sabun

BACA JUGA:Microsoft Dukung Kominfo Soal Etika kecerdasan Artificial AI

"Kita juga tidak menutup kemungkinan studi lokalisasi BEV di Indonesia karena ini selalu kita bicarakan dengan prinsipal dan mereka sangat open," kata Anton di Jakarta belum lama ini.

Saat ini, Indonesia tengah kebanjiran berbagai merek baru yang menawarkan mobil listrik dengan beragam pilihan model beserta harga yang menarik. 

Termasuk rencana dan realisasi pembangunan pabrik di Tanah Air, hanya saja kebanyakan saat ini masih di dominasi dari pabrikan China meliputi Wuling, DFSK, Chery, dan MG ada juga nama lainnya seperti Hyundai. Sementara yang masih tahap rencana jumlahnya tidak sedikit seperti Neta dan BYD.

Niat Toyota untuk segera membuat mobil listrik memanfaatkan fasilitas pabrik-pabrik mereka di Indonesia sebenarnya bukan barang baru. Anton sempat mengungkapkannya beberapa waktu lalu.

BACA JUGA:Chery Omoda E5:'Kamera 540' Bisa Lihat Kolong Mobil

BACA JUGA:Google PHK Ratusan Karyawan ,SDM Tergeser Teknologi Ai

“Jadi begini, memang BEV termasuk bZ4X dan Lexus (UX300e) itu kan kita masih impor. Tapi sesuai dengan arahan dan permintaan pemerintah serta kebutuhan masyarakat, kita pasti selalu meminta prinsipal untuk meng-consider (mempertimbangkan produksi lokal),” terangnya saat di temui di Semarang, Jawa Tengah.

Namun, menyoal detail seperti produk atau modelnya, Anton masih belum bisa membeberkannya. Ia saat itu memastikan permintaan semacam itu ada dan tetap terus berjalan.

“Ke depannya tidak hanya impor (mobil listrik), tetapi ke depannya made in Indonesia juga lah, ya,” Ujarnya.

Saat ini, TAM hanya memiliki satu produk listrik murni yakni Toyota bZ4X dengan banderol Rp 1,19 miliar on the road (OTR) Jakarta, Banten, dan Bekasi per Januari 2024. Statusnya pun spot order.

Sepanjang tahun 2023, bZ4X berhasil terdistribusi dari pabrik ke diler (wholesales) sebanyak 479 unit. Penjualan tertinggi terjadi pada bulan Juli dengan total 207 unit, mobil listrik itu masih didatangkan utuh dari Jepang.

Sumber: