Bebas Bersyarat:Nyatakan Jessica Kumala Wongso

Senin 19-08-2024,09:08 WIB
Reporter : KANS HABSHI
Editor : KANS HABSHI

"Haha iya (mau makan sushi) makasih, ya. Semuanya hati-hati," ungkap Jessica.

"Iya, mau makan yang banyak," sambungnya.

Wajib Lapor hingga 2032

Kakanwil Kemenkumham DKI Jakarta Andika Dwi Prasetya mengatakan Jessica wajib lapor sampai 8 tahun ke depan.

"Alhamdulillah sudah, dari Lapas, Kejaksaan dan Bapas. Hari ini Jessica terdaftar sebagai klien Bapas Jakarta Timur-Utara," ucap Andika.

"Artinya akan melaksanakan proses pembinaan integrasi, yaitu pembimbingan oleh Bapas sampai batas waktu ditetapkan yaitu tahun 2032," tambahnya.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) DKI Jakarta, Andika Dwi Prasetya, mengatakan Jessica Kumala Wongso masih diperbolehkan pergi ke luar negeri dengan alasan tertentu.

"Untuk kepentingan tertentu boleh, atas izin Menteri Hukum dan HAM yang diajukannya ke Bapas," Ucapnya Andika kepada wartawan di Balai Pemasyarakatan Kelas I Jakarta, Cipinang Muara, Jakarta Timur, Minggu 18 Agustus 2024.

"Nanti Bapas yang meneruskan ke Menteri Hukum dan HAM. Misalnya dalam keadaan darurat harus berobat,"Sambungnya.

Tetap Ajukan PK

Kuasa Hukum Jessica Wongso, Otto Hasibuan, menyatakan pihaknya akan tetap mengajukan Peninjauan Kembali (PK), meski Jessica bebas bersyarat. Otto mengaku menghormati putusan hukum yang menyatakan Jessica bersalah, bahkan hingga dihukum 20 tahun penjara.

"Tetapi kami sebagai lawyer dilakukan diskusi dengan Jessica, merasa bahwa mungkin putusan itu tidak sesuai dengan apa yang terjadi menurut kami," ujar Kuasa Hukum Jessica Wongso, Otto Hasibuan di Senayan Avenue by Otto Lima, Jakarta, Minggu 18 Agustus 2024.

"Oleh karena itu, kita akan mencoba peluang untuk mengajukan PK terhadap perkara itu, ya, jadi itu posisinya," tambahnya.

Ingin Healing

Jessica mengatakan bahwa dirinya akan 'healing' atau rehat terlebih dahulu, usai dinyatakan bebas bersyarat. Hal ini ia sampaikan saat ditanya apakah akan menyambangi keluarga dari Mirna Salihin setelah pembebasan ini.

"Karena saya masih baru keluar gitu, masih ngelihat jalanan, mau melihat yang di luar , di sana itu ada apa dulu, gitu. Biar saya healing dulu sejenak baru saya berpikir langkah-langkah berikutnya," Ucapnya Jessica.

Kategori :

Terpopuler