Alasan MotoGP Argentina Dibatalkan, Javier Milei Ambil Peran!

Alasan MotoGP Argentina Dibatalkan, Javier Milei Ambil Peran!

Ilustrasi MotoGP2024--x.com

DISWAYPROBOLINGGO-Federasi Olahraga Motor Internasional (FIM), Asosiasi Tim Balap Motor Internasional (IRTA), dan penyelenggara MotoGP Dorna Sports mengumumkan pembatalan Grand Prix (GP) Argentina 2024.Ada alasan kuat mengapa seri ini dibatalkan.
 
Sebenarnya motoGP Argentina di Sirkuit Termas de Rio Hondo dijadwalkan pada 5-7 April 2024. Namun pada Selasa (31/1/2024), MotoGP dalam rilis resminya mengumumkan kalau GP Argentina batal digelar.
 
 
Adapun alasannya Federasi Motor Internasional, IRTA (Asosiasi Tim MotoGP), dan Dorna menyebut panitia lokal MotoGP Argentina tidak bisa memberikan jaminan penyelenggaraan.

Hal itu juga sudah diumumkan oleh ketiga penyelenggara,FIM,IRTA dan GP.
 “Karena keadaan saat ini di Argentina, promotor acara telah menyampaikan bahwa saat ini mereka tidak dapat menjamin layanan yang diperlukan untuk Grand Prix yang akan berlangsung pada 2024 sesuai standar MotoGP,” tulis pengumuman tersebut.
 
 
Sebenarnya Alasan lain pembatalan Argentina adalah kebijakan ekonomi mendasar dari Presiden baru Argentina Javier Milei, yang mulai menjabat sebagai presiden pada 10 Desember 2023. Sejak itu, ia telah mengurangi jumlah kementerian dari 18 menjadi sembilan setelah berkampanye mengenai kebijakan.

Milei melakukan reformasi ekonomi besar-besaran. Menurutnya saat ini perekonomian Argentina mengalami penurunan signifikan dalam beberapa tahun terakhir.
 
 
Batalnya MotoGP Argentina tidak ada penggantinya. Dan berarti hanya ada 21 seri balapan yang digelar musim ini. GP Argentina 2024 ditempatkan setelah GP Qatar yang menjadi pembuka dan GP Portugal sebagai seri kedua.

Sumber: