Gunung Fuji Jepang Kini Mulai Membatasi Pengunjung Dan Mulai Memungut Biaya Mendaki, Ini Dia Alasan Nya

Gunung Fuji Jepang Kini Mulai Membatasi Pengunjung Dan Mulai Memungut Biaya Mendaki, Ini Dia Alasan Nya

Gunung Yang Sangat Indah Dan Menjulang Tinggi Di Jepang Gunung Fuji--Instagram

DISWAYPROBOLINGGO.ID - Gunung yang sangat indah dan menjulang tinggi di daratan Jepang Gunung Fuji akan mulai memungut biaya mendaki hingga pembatasan pengunjung. Tujuannya ialah, mengurangi sampah.

Mulai tanggal 1 Juli 2024, Jepang mulai membatas jumlah pendaki yang akan mendaki ke Gunung Fuji, dengan kuota yang hanya 4.000 orang per hari. Langkah tersebut diambil sebagai upaya mengurai kemacetan di yang terjadi gunung. Yup, Jepang sedang berhadapan dengan masalah overtourism.

Gunung Fuji kini mengalami lonjakan jumlah pengunjung yang telah menimbulkan kekhawatiran akan sampah dan keselamatan para pendaki. Upaya yang di lakukan untuk membantu membersihkan gunung dan melestarikan lingkungannya, pihak berwenang Jepang akan memberlakukan biaya dan batasan pengunjung harian di sepanjang jalur yang paling populer.

BACA JUGA:Keindahan musim Semi Di Jepang Sudah Tidak Perlu Di Ragukan Lagi, Ini Rekomendasi Jika Ingin Pergi Ke Jepang

Pada tahun 2023, total 221.323 pendaki mendaki Gunung Fuji, yang lebih dari setengahnya memilih menggunakan jalur Yoshida. Lonjakan para pengunjung yang menyebabkan penumpukan sampah di sepanjang jalan serta kemacetan jalan yang mengakibatkan kecelakaan dan juga cedera.

Pemerintah kemudian menerapkan batasan harian hanya 4.000 orang per hari mulai 1 Juli tahun ini. Para Pendaki juga dilarang untuk memulai pendakian antara jam 16.00 hingga 02.00.


Bagi Yang Suka Dengan Gunung, Tidak Usah Di Ragukan Lagi Keindahan Gunung Fuji--Instagram

Pada saat ini para pejabat belum mengungkap berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan para pendaki untuk mendaki Gunung Fuji. Tetapi, mereka mengatakan jumlahnya akan diumumkan pada bulan Februari.

BACA JUGA:Salah Satu Festival Unik Di Jepang Hadaka Matsuri Atau Festival Telanjang Tahun Ini Akan Lebih Menarik!

Sebelumnya, pengelola Gunung Fuji telah menerapkan sistem donasi sukarela sejak tahun 2014. Para pendaki diminta untuk menyumbangkan uang sebesar 1000 yen jika di rupiahkan setara dengan 'Rp 122 ribu'. dikarenakan para pendaki tidak wajib untuk berdonasi, jadi hanya 50 persen pendaki yang melakukannya.

Tetapi kesadaran menjaga kelestarian Gunung Fuji kian meningkat. Pada tahun 2021, terjadi kenaikan jumlah pendaki yang secara sukarela memberikan sumbangan. Yaitu sebanyak 67,3 persen di jalur Yamanashi dan 67,5 persen di jalur Shizuoka.

Sumber: