STOP Serang Gaza: PM Qatar

STOP Serang Gaza: PM Qatar

Foto:Sheikh Mohammed Bin Abdulrahman Bin Jassim Al-Thani, Perdana Menteri dan Menteri Luar Negeri Negara Qatar Berbicara Pada Pertemuan Dewan Keamanan PBB 2024--

DISWAYPROBOLINGGO ID.Qatar,Rabu 17 Januari 2024.Perdana Menteri Qatar Sheikh Mohammed Bin Abdulrahman al-Thani mengatakan, intervensi militer Amerika Serikat dan Inggris ke Yaman tidak akan membuat kelompok bersenjata Houthi berhenti menyerang kapal-kapal terafiliasi Israel di Laut Merah. 

BACA JUGA:Perang Rusia-Ukraina Makin Memanas: Rusia Serang New York

BACA JUGA:Kapal Milik AS Kena Rudal Balistik:Pasukan Houthi Yaman

Sebaliknya, Menurut Al-Thani, serangan Houthi hanya bakal berhenti apabila agresi Israel di Jalur Gaza diakhiri. Sebab, faktor utama Houthi menyerang kapal-kapal dari atau menuju Israel adalah sebagai bentuk protes atas agresi penjajah terhadap rakyat Palestina. 

Dikutip dari The New Arab, komentar tersebut disampaikan al-Thani saat berbicara di pertemuan World Economic Forum (WEF) di Davos, Swiss, pada Selasa (16/1). Dalam pertemuan itu, para pemimpin dunia juga berkumpul dan membahas peace formula yang diajukan Ukraina untuk mengakhiri konflik dengan Rusia. 

Dari kacamata al-Thani, kekerasan yang terjadi di Jalur Gaza adalah awal dari meluasnya eskalasi konflik di kawasan sekitarnya. Oleh sebab itu, sambung al-Thani, dengan meredakan situasi di Jalur Gaza maka eskalasi di wilayah-wilayah lainnya bisa dihentikan. 

BACA JUGA:Turki Lancarkan Serangan Udara Pada Irak Dan Suriah, Perang kah?

BACA JUGA:PERANG ! AS & Inggris Vs Houthi Yaman

"Kita perlu mengatasi masalah utama, yaitu Gaza untuk meredakan masalah-masalah lainnya, jika kita hanya berfokus pada gejala-gejala dan tidak menangani masalah-masalah yang sebenarnya, (solusi) hanya akan bersifat sementara," ujar al-Thani. 

Adapun situasi di Timur Tengah semakin memanas, sejak serangan Hamas ke Israel pecah pada 7 Oktober 2023. Serangan itu kemudian dibalas oleh penjajah dalam skala yang tidak proporsional, hingga menewaskan lebih dari 23 ribu warga Palestina — sebagian besar di antaranya anak-anak dan perempuan. 

Sebagai bentuk solidaritas terhadap rakyat Palestina, kelompok-kelompok militan bersenjata yang didukung Iran seperti Hizbullah Lebanon, Houthi Yaman, Suriah, hingga Irak pun meluncurkan serangan anti-Israel. 

Lalu sejak November, kelompok Houthi Yaman menyerang kapal-kapal terafiliasi Israel di Laut Merah sebagai bentuk solidaritas untuk Palestina. Serangan tersebut juga menargetkan kapal milik Amerika Serikat, sehingga membuat Washington murka. 

Sebagai respons, AS beserta sekutunya, Inggris, meluncurkan puluhan serangan ke dalam wilayah Yaman dan menargetkan lokasi-lokasi yang dikuasai Houthi — termasuk Ibu Kota Saana. Serangan itu terjadi pada pekan lalu dan menewaskan sedikitnya lima orang. 

BACA JUGA:PBB Minta Perang Diakhiri, Kondisi Gaza Sangat Buruk Hingga Tak Layak Huni

Sumber: