Ini Dia Tanaman Kratom, Yang Bisa Menghasilkan Uang Lebih Banyak Daripada Sawit Dan Karet

Ini Dia Tanaman Kratom, Yang Bisa Menghasilkan Uang Lebih Banyak Daripada Sawit Dan Karet

Tanaman kratom yang bisa menghasilkan lebih ban yang uang daripada sawit dan karet--

DISWAYPROBOLINGGO.ID - Ketua Umum Pimpinan Pusat Perkumpulan Pengusaha Kratom Indonesia Yosef mengklaim tanaman Kratom lebih menguntungkan dibanding sawit dan karet. dia mengatakan dengan modal yang lebih minim, kratom bisa menghasilkan uang lebih banyak.

Dari hitungan milik nya, kratom dapat menghasilkan 25 juta per bulan dengan 2.500 pohon per hektare. Sementara karet bisa menghasilkan 1,5 juta per bulan dengan 1.000 pohon per hektare, dan asumsi kerja 15 hari per bulan.

Lalu sawit bisa menghasilkan sekitar 4,5 juta per bulan dalam satu hektare. Pertimbangannya jumlah panen dalam satu hektare kebun sawit mencapai 2-3 ton dan harga Tandan Buah Segar di kisaran Rp 1.300-1.500 per kilogram.

BACA JUGA:Kouta 5,4 Juta Ton Gula Impor,Pemerintah Resmikan 2024

BACA JUGA:Siap-siap Wir Harga Rokok Mulai Dari Tanggal 1 Januari Naik

Jika dilihat dari segi modal, tanaman endemik Kalimantan ini disebut hanya membutuhkan investasi 15 juta hingga masa panen. Sedangkan sawit butuh 60 juta per hektare hingga masa panen, dan untuk karet 22 juta per hektare hingga masa panen.

Untuk jangka waktu panen kratom cukup bervariasi antara 1-3 bulan sekali. Satu pohon bisa menghasilkan sekitar 2 kilogram. Sedangkan untuk pohon yang sudah berusia di atas 5 tahun, hasil panen bisa mencapai puluhan hingga ratusan kilo.

Sebagai informasi, beberapa pihak belakangan mempertanyakan soal ekspor kratom. Saat ini, tanaman tersebut masih dalam penelitian lantaran di Indonesia tanaman itu dikatakan masuk dalam kategori narkotika golongan I. Kratom adalah tanaman herbal yang masuk dalam kategori New Psychoactive Substances.

BACA JUGA:Wah Beli LPG 3 Kg Mulai Hari Ini 1 Januari 2024,Wajib Terdaftar.

BACA JUGA:CPO Periode 1-15 Januari 2024,TURUN Menjadi USD 746,69/Metrik Ton

Selama ini Kratom yang hanya diperbolehkan ekspor ke luar negeri, salah satu pasarnya adalah Amerika Serikat. Kementerian Perdagangan menyatakan ekspor tanaman kratom dari Indonesia masih terus dibuka hingga saat ini.

Dan bahkan pohon kratom sendiri bisa ditebang dan dijual dalam bentuk kayu. Pohon ini diperkirakan bisa tumbuh hingga 35 meter dengan diameter antara 80-120 cm dengan kurun waktu 10-15 tahun.

Satu pohon kratom bisa menghasilkan 1-2 kubik kayu dengan harga sekitar Rp 450 ribu. Artinya jika dalam satu hektare terdapat 2.500 pohon, perkiraannya bisa menghasilkan 3.700 kubik kayu sehingga totalnya bisa menyentuh sekitar 1,5 miliar.

Sumber: