Nasib Tol Getaci?Pemerintah Evaluasi 233 PSN

Nasib Tol Getaci?Pemerintah Evaluasi 233 PSN

Foto: Udara Dua Proyek Strategis Nasional (PSN), yakni Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) dan proyek Jalan Tol Cibitung-Cilincing di kawasan industri Cikarang Barat 2024--

DISWAYPROBOLINGGO.Jakarta.Kamis18 Juli 2024.Pemerintah sudah mengevaluasi pelaksanaan 233 Proyek Strategis Nasional (PSN). Sekretaris Kemenko Bidang Perekonomian, Susiwijono Moegiarso, mengatakan Mayoritas Progres PSN Keadaan Baik, termasuk proyek Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap atau Tol Getaci.

BACA JUGA:Bantah:Gubernur BI , Likuiditas Perbankan Mulai Ketat

BACA JUGA:Anjlok di Rp 16.412 per Dolar AS:Gubernur Pikir Rupiah Masih Stabil

"Nah dari jumlah jalan tol tadi ada 48 proyek, dari 48 itu kemarin yang tersisisa kita evaluasi ada 6 ruas tol di DKI, jadi bukan yang di Getaci. Yang 2 dari 4 itu malah sudah operasi. Saya lupa intinya ada 2 yang lanjut. Nah yang 4 ini tadinya kita evaluasi karena masih dalam tahap perencanaan dan penyiapan,"Ucapnya Susiwijono di St Regis Jakarta, Kamis 18 Juli 2024

"Namun ternyata dari Menteri PUPR menggaransi bahwa itu akan jalan. Jadi seluruh proyek jalan tol yang 48 tadi semuanya dilanjutkan untuk yang PSN ya," tambahnya.

Kementerian PUPR bakal melelang ulang proyek Jalan Tol Getaci. Susiwijono memastikan proyek tol itu bakal jalan. Sehingga Tol Getaci dipertahankan menjadi PSN.

"Jadi ada yang melaui tahapan-tahapan atau sudah ada komitmen untuk mulai pembiayaan penyiapannya dan semuanya," ujar Susiwijono.

BACA JUGA:SANGAT TRAGIS:Pidato Trump Sebelum Ditembak

BACA JUGA:Grup Piala Presiden:Persib & Persija Di Bedakan Grup Untuk Piala Presiden

Dia mana, Menko Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, menyampaikan hingga Juli 2024 telah ditetapkan sebanyak 233 PSN, dengan rincian sebanyak 218 berupa proyek dan 15 berupa program. Nilai Investasi dari 233 PSN diperkirakan akan mencapai Rp 6.246,7 triliun dan akan menyerap tenaga kerja sebanyak 2,71 juta orang. 

Airlangga juga menyampaikan terkait Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) hingga semester I 2024 menunjukkan hasil memuaskan dengan realisasi investasi kumulatif senilai Rp 205,2 triliun dengan tenaga kerja mencapai 132.227 orang.

BACA JUGA:LEMAH:Rupiah,Rp 16.294 per Dolar AS IHSG Ditutup Turun 0,08 Persen

BACA JUGA:Pertamina Jalin Kerja Sama:Bappenas dan Kebijakan Energi Keberlanjutan

“Salah satu milestone-nya adalah penyelesaian proyek Freeport Indonesia di Gresik atau hilirisasi dengan investasi 58 triliun rupiah. Itu adalah the single largest investment di satu lokasi dan alhamdulillah diselesaikan secara on time,"Ujarnya Airlangga.

Sumber: