Gas 836,06 Mmscfd:Produksi Minyak Pertamina EP 69.417 Barel

Gas 836,06 Mmscfd:Produksi Minyak Pertamina EP 69.417 Barel

Foto:RUPS Pertamina EP Pertahankan Kinerja Positif Keuangan Tahun Buku 2023--

DISWAYPROBOLINGGO.Jakarta.Sabtu 18 Mei 2024.Badan Usaha Milik Negara ,PT Pertamina EP (PEP) mencatat realisasi minyak sepanjang tahun lalu 69.417 barel minyak per hari, menjadikannya sebagai produsen ketiga di Indonesia. Sementara Produksi Gas Pertamina EP 836,06 Juta Kaki Kubik Per hari (MMSCFD), Tertinggi Kedua Di Nasional. 

BACA JUGA:Rupiah Strong: Bisa Jadi IHSG Hijau Bias Kurs Rupiah

BACA JUGA:SUMBER DAYA ALAM:Solid Naik,Nikel 2,1 Persen, Batu Bara 0,9 Persen

 

Di Mana Manajemen PEP menyampaikan realisasi produksi migas tahun lalu berkat beberapa upaya yang dilakukan seperti workover atas sumur yang dioperasikan mengalami kenaikan mencapai 201 workover sumur. Ditambah lagi pengeboran 6 sumur eksplorasi PEP, dua di antaranya sumur East Akasia Cinta (EAC) 001 dan East Pondok Aren (EPN) 001 yang berlokasi di Jawa Barat.

Untuk komitmen optimalisasi potensi hidrokarbon dari lapangan eksisting baik di sumur pengembangan yang dikelola sendiri maupun mitra, PEP juga menuntaskan 103 pengeboran di seluruh wilayah kerja Pertamina EP. 

"Keseluruhan capaian ini direalisasikan dengan mengutamakan aspek safety terbukti melalui capaian jam kerja selamat hingga 50.523.535 jam," kata Direktur Utama Pertamina EP Wisnu Hindadari dalam keterangan resmi, Sabtu 18 Mei 2024.

BACA JUGA:Kontemplasi Suku Bunga Turun:Data Inflasi AS Bangkit ,Wall Street Membunting

BACA JUGA:Jerome Powell:Berhasil Raih Investor soal Inflasi,Wall Street Bangkit

PEP berhasil merealisasikan seismic 3D mencapai 443,9 kilometer persegi, lebih tinggi dibanding 2022 seluas 269 kilometer persegi atau naik hingga 65 persen. 

 

Ada juga temuan contingent resources 2C sebesar 159,12 juta barel standar minyak (MMBOE) dan tambahan cadangan migas proven atau P1 mencapai 87,01 MMBOE, meningkat 217 persen dari realisasi tahun 2022 sebesar 27,37 MMBOE. Sedangkan lifting ekivalen minyak melebihi target yang ditetapkan yakni 100,1 persen dengan realisasi sebesar 176,37 barel setara minyak per hari (MBOEPD).

Perusahaan juga mempertahankan kinerja keuangan Perusahaan yang sehat pada tahun buku 2023 dengan predikat ‘AAA’ berdasarkan afirmasi peringkat privat Lembaga Pemeringkat Fitch Rating Indonesia.

Sementara itu, Direktur SDM dan Penunjang Bisnis PT Pertamina Hulu Energi Whisnu Bahriansyah mewakili pemegang saham mayoritas meminta Pertamina EP untuk tetap mempertahankan target operasi yang optimal dan menjaga HSSE Excellent di tahun 2024.

BACA JUGA:Kucurkan Utang :Jepang ke Indonesia Membangun MRT Cikarang-Balaraja

BACA JUGA:Lampu Hijau:IHSG Dibuka , Naik 0,15 Persen

Pertamina EP juga menjalankan 299 program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL/CSR) di berbagai dimensi kehidupan, didominasi di sektor perekonomian melalui pengembangan Usaha Kecil Menengah dan Mikro (UMKM) masyarakat binaan disusul sektor pendidikan, lingkungan, infrastruktur dan kesehatan.

Melalui program pengelolaan lingkungan yang sejalan dengan konsep pemberdayaan masyarakat, 6 lapangan Pertamina EP mendapatkan penghargaan PROPER Emas dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) di antaranya Lapangan Limau melalui program Pemanfaatan Foodwaste Desa dan Program Gemilang yang diterapkan di Field Pendopo.

 

Dalam capaian kerja yang optimal dengan implementasi inovasi sebagai katalisator, Pertamina EP memperoleh sejumlah penghargaan di tingkat nasional maupun internasional, di antaranya Thailand Award for Best International Invention & Innovation dari National Research Council of Thailand. Perusahaan juga mendapatkan penghargaan Silver Medal Award for “Invention of Ultra Cyclone to Solve Pump Stuck Problem Due to Sand Ingression” dalam Taiwan Innotech Expo 2023.

 

Sumber: