Produksi Minyak:OPEC+ Sepakat Perpanjang Pengurangan

Produksi Minyak:OPEC+ Sepakat Perpanjang Pengurangan

Foto:Negara-negara pengekspor minyak, OPEC 2024.--

BACA JUGA:RUPIAH MAKIN KUAT!Rp 15.615 per Dolar AS

Atas keputusan tersebut harga minyak mentah Brent ditutup USD 1,64 lebih tinggi atau naik 2 persen, menjadi USD 83,55 per barel pada hari Jumat pekan lalu. dan naik lebih dari 8 persen sepanjang tahun ini.

Adapun OPEC+ telah menerapkan serangkaian penurunan produksi sejak akhir tahun 2022 untuk mendukung pasar di tengah peningkatan produksi dari Amerika Serikat dan produsen non-anggota lainnya serta kekhawatiran atas permintaan ketika negara-negara besar bergulat dengan suku bunga yang tinggi.

Total pemotongan yang dijanjikan OPEC+ sejak tahun 2022 mencapai sekitar 5,86 juta barel per hari, setara dengan sekitar 5,7 persen dari permintaan harian dunia, menurut perhitungan Reuters.

BACA JUGA:Akan Keluar:Hotman Paris dari Industri Hiburan RI

BACA JUGA:Hari INI TURUN!Harga Emas Antam

OPEC memperkirakan satu tahun lagi pertumbuhan permintaan yang relatif kuat sebesar 2,25 juta barel per hari, dipimpin oleh Asia, sementara Badan Energi Internasional memperkirakan pertumbuhan yang jauh lebih lambat sebesar 1,22 juta barel per hari.

Tantangan lebih lanjut bagi OPEC+ adalah IEA juga memperkirakan pasokan minyak akan tumbuh ke rekor tertinggi sekitar 103,8 juta barel per hari pada tahun ini, yang hampir seluruhnya didorong oleh produsen di luar OPEC+, termasuk Amerika Serikat, Brasil, dan Guyana.

Sumber: