Sepi Konvoi:Saat Sri Sultan HB X Mensyukuri Kampanye Pemilu 2024.

Sabtu 20-01-2024,14:03 WIB
Editor : KANS HABSHI

DISWAYPROBOLINGGO ID. Yogyakarta,Sabtu 20 Januari 2024.Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono X, mensyukuri proses kampanye Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 kali ini berjalan lebih tertib. Pasalnya, ia melihat kegiatan kampanye kali ini minim dengan konvoi massa yang rentan menyebabkan gesekan sosial.

BACA JUGA:Tegaskan:Sri Mulyani ,Saya Masih Bekerja

BACA JUGA:INDONESIA:Dapat Dana Hibah 309 Juta Dolar AS Untuk Kesehatan

“Bersyukur di Jogja dan di Indonesia tahapan tersebut (kampanye) berjalan lebih tertib, minim konvoi yang rentan dengan segala gesekan sosial,” kata Sultan saat memberikan sambutan di acara ‘Peace Harmony: Jogja Asyik, Jogja Bermusik, untuk Indonesia Apik’ pada Jumat 19 Januari 2024.malam.

Memang, menyampaikan pendapat merupakan hak asasi seluruh masyarakat Indonesia, termasuk terkait preferensi mereka terhadap pilihan politiknya di masa pemilu seperti sekarang. “Namun tetap dalam koridor saling menghormati, baik secara batiniah maupun lahiriah,” Ujarnya.

BACA JUGA:GANJAR PRANOWO DAN MAHFUD MD SEPAKAT!Berantas Korupsi Karena Indonesia 2024, Bermartabat Dan Unggul

BACA JUGA:Kemendikbudristek: Laporkan Ke Inspektorat Daerah

Sikap saling menghormati itu menurut dia diperlukan agar setiap orang dapat membawa diri dengan tepat alam berbagai pergaulan secara sosial dan politik. Hal ini merupakan etika dan adat yang harus dijunjung sebagai bagian dari jati diri masyarakat Indonesia.

“Dengan demikian, semua tahapan pemilu serentak 2024 ataupun juga pilkada setelahnya tidak hanya menjadi arena kontestasi politik semata bagi pesertanya,” kata Sultan. “Namun juga pembelajaran politik saling asah, asih, asuh, untuk mendewasakan masyarakat dalam berdemokrasi,” ujarnya.

BACA JUGA:Luhut : Ngapain Bikin Keributan

BACA JUGA:Staf Khusus Menteri BUMN:Said Aqil Mendukung Capres-Cawapres Nomor Urut 1

Acara tersebut juga dihadiri Kapolri, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. Ia bahkan turut naik panggung dan duet bareng Ndarboy Genk, menyanyikan sejumlah lagu seperti Kebyar-Kebyar dari Gombloh, Koyo Jogja Istimewa dari Ndarboy Genk, dan Rumah Kita dari God Bless.

Ia menyampaikan bahwa dalam kesempatan tersebut seluruh partai politik ikut hadir dalam acara tersebut, termasuk tim pemenangan masing-masing calon.

“Berkumpul dengan masyarakat Jogja, dan ini mungkin baru terjadi di Yogyakarta,” Ujarnya Listyo Sigit.

 

Kategori :