Risiko Diabetes: Langkah - Langkah Pencegahan Agar Terhindar ,Menurut Ahli Gizi

Jumat 19-01-2024,13:45 WIB
Editor : KANS HABSHI

DISWAYPROBOLINGGO ID. Kesehatan, Jum'at 19 Januari 2024.Penyakit Yang Sangat Tidak Memandang Umur Di Mana Diabetes adalah penyakit mematikan ketiga di Indonesia setelah penyakit jantung dan stroke. Penyakit ini ditandai dengan kadar gula darah yang tinggi dalam jangka waktu panjang.

BACA JUGA:KemenkesTerbitkan: Aturan Soal Penerbitan SIP

BACA JUGA:Ciri - Ciri Tanda Ibu Hamil Alami:Pencernaa

International Diabetes Federation (IDF) menyebutkan jumlah masyarakat Indonesia dengan diabetes pada 2021 adalah 19,47 juta orang. Jumlah itu diperkirakan akan meningkat menjadi 28,57 juta orang pada tahun 2045.

Ahli gizi lulusan University College Dublin, Rachel Olsen, memaparkan ada banyak faktor yang menyebabkan terjadinya diabetes, mulai dari faktor genetik hingga gaya hidup. Agar dapat mengurangi risiko diabetes, gaya hidup yang lebih sehat menjadi pilihan yang disarankan.

"Gaya hidup yang lebih sehat, termasuk menerapkan pola makan sehat sangat penting agar bisa mengurangi risiko diabetes,”  tidak hanya itu, agar terhindar dari risiko diabetes, Rachel pun memberikan Langkah yang bisa dilakukan.

Langkah - Langkah Pencegahannya.

A. Banyak Makan Buah dan Sayur

Agar terhindar dari diabetes, tips yang pertama adalah dengan memperbanyak konsumsi buah dah sayur.

BACA JUGA:Restoran Margot Riverside Tempat Estetik Yang Menyuguhkan Pemandangan Alam Yang Indah

BACA JUGA:Anda Memiliki Riwayat Penyakit Diabetes, Cobalah Beberapa Jus Yang Bisa Menurunkan Gula Darah

Rachel menyebutkan buah dan sayur merupakan sumber serat yang baik sehingga dapat membantu memperlambat penyerapan gula ke dalam darah, dengan mengonsumsi serat yang tepat maka risiko diabetes dapat ditekan.

"Pilihlah buah dan sayur yang rendah gula, mengandung antioksidan dan mineral seperti alpukat, pepaya, apel, serta pisang yang agak kehijauan (tidak lembek) dan sayuran hijau,” kata Rachel.

B. Membatasi Karbohidrat

4 Mitos Seputar Karbohidrat yang Wajib Kamu Tahu. Foto: arrowsmith2/Shutterstock

Kategori :

Terpopuler