Banjir Yang Terjadi Di Tol GT Kertajati Cipali, Apa Penyebabnya?

Banjir Yang Terjadi Di Tol GT Kertajati Cipali, Apa Penyebabnya?

Tanggul yang jebol di sungai Cipelang diduga menjadi pemicu banjir di Tol GT Kertajati Cipali--Foto (AP)

DISWAYPROBOLINGGO.ID - Tanggul yang jebol di sungai Cipelang diduga menjadi pemicu banjir di GT Kertajati Tol Cipali. Tanggul yang berada di wilayah Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka, jebol karena tak kuat menahan banyak nya guyuran air hujan.

"Dugaan sementara ada salah satu jebol tanggul sungai Cipelang," ucap Penata Penanggulangan Bencana Ahli Muda BPBD Majalengka Rezza Permana, Senin (12-2-2024).

Rezza menjelaskan tanggul yang sebelumnya juga pernah jebol pada 2021. Namun tanggul tersebut kini kembali jebol setelah diguyur hujan yang cukup deras pada hari Minggu (11-2) pukul 15.00-22.00 WIB.

BACA JUGA:Fenomena Langka Hujan Es Terjadi Di Malang!

"Pada 2021 pernah jebol, tapi sudah diperbaiki oleh BBWS. Tapi hari ini mungkin dikarenakan hujan cukup tinggi dan debit air lumayan tinggi sehingga menyebabkan kembali jebol di lokasi yang sama," ucap Rezza.

Hingga pada saat ini genangan air masih belum surut. Akibat kejadian tersebut, akses jalan GT Kertajati dan jalur arteri masih tidak bisa dilalui. Todak hanya itu, ada sebanyak 3 desa di wilayah tersebut yang juga terdampak oleh banjir.

BACA JUGA:Hujan Deras Disertai Angin Kencang Robohkan Rumah Makan Di Malang.

Tiga Desa yang berada di Kecamatan Kertajati, yaitu Desa Jagawana, Palasah, dan Pakubeureum terkena banjir.

Sumber: