Serangan Permulaan AS Tewaskan 40 Orang lebih, AS Umumkan Siap Perang

Serangan Permulaan AS Tewaskan 40 Orang lebih, AS Umumkan Siap Perang

AS Siap Perang dengan Iran Serangan Tewaskan 40 Orang Hanya Permulaan--(Foto AP)

DISWAYPROBOLINGGO-Jake Sullivan Penasihat Keamanan Nasional AS mengatakan serangan balasan baru-baru ini di Irak dan Suriah hanyalah permulaan.
 
Dia mengatakan bahwa Amerika Serikat (AS) siap untuk opsi perang dengan Iran.
Ini adalah awal dari respons kami, akan ada langkah-langkah lebih lanjut,” kata Sullivan saat tampil di stasiun televisi CBS pada hari Minggu (4/2/2024).
 
 
Jake menegaskan bahwa AS siap untuk meningkatkan ketegangan dengan Iran. “Langkah-langkah itu ada yang akan terlihat, ada pula yang mungkin tidak terlihat,” ujarnya.
 
"Selanjutnya tindakan akan lebih banyak diambil sebagai balasan atas kematian tragis tiga anggota militer AS yang pemberani," jelasnya, merujuk pada tewasnya tiga tentara Amerika dalam serangan drone kelompok milisi pro-Iran terhadap pangkalan Amerika di Yordania pada Minggu malam pekan lalu.
 
 
AS telah meluncurkan serangan balasan terhadap lebih dari 85 target Pasukan Quds IRGC Iran dan kelompok afiliasinya di Suriah dan Irak pada Jumat tengah malam atau Sabtu dini hari, menewaskan sekitar 40 orang.
 
Sebelumnya Amerika Serikat (AS) melancarkan serangan udara di Irak dan Suriah terhadap lebih dari 85 sasaran yang terkait dengan Garda Revolusi Iran (IRGC) dan milisi yang didukungnya.
 
 
Serangan tersebut, menggunakan  pesawat pengebom jarak jauh B-1 yang diterbangkan dari AS, adalah respon pertama pemerintahan Presiden Joe Biden terhadap serangan akhir pekan lalu yang dilakukan oleh militan yang didukung Iran.
 
 

Sumber: