Asal Muasal Rohingya di Myanmar Dan Alasan Terusirnya Mereka

Sabtu 23-12-2023,13:38 WIB
Editor : Yahya ramadhan

DISWAYPROBOLINGGO.ID-Unair(Pakar hubungan internasional Universitas Airlangga) Baiq LS W Wardhani menjelaskan asal muasal Rohingya dan alasan ter usirnya mereka dari Myanmar. Baiq menjelaskan, awal mula kedatangan Rohingya di Bhurma, Myanmar, lantaran dibawa para tentara Inggris yang saat itu sedang menjajah Myanmar.

Rohingya datang untuk membantu Inggris, yang akhirnya membuat rakyat Myanmar tidak bersimpati terhadap Rohingya tersebut. Selain itu, lanjut Baiq, Rohingya juga berupaya mendirikan suatu negara di tanah Arakan, Myanmar. Hal tersebut memicu kekhawatiran pemerintah Myanmar akan adanya gerakan separatis .

BACA JUGA:Tolak Rohingya,Warga Aceh Melakukan Aksi demo Didepan Kantor Bupati Aceh Utara

"Orang-orang Rohingya ini, harusnya mereka sebagai pendatang respect kepada orang Bhurma asli. Sebagian dari mereka itu memberontak ke pemerintah Myanmar. Makanya pemerintah Myanmar dengan militernya tetap menggilas para pemberontak itu," kata Baiq, Sabtu tanggal 23122023.

Akibat diusir dari Myanmar,Rohingya itu pun berbondong-bondong melarikan diri ke berbagai negara di Asia, terutama ASEAN. Indonesia menjadi salah satu negara tujuan favorit mereka. Gelombang tinggi kedatangan para pengungsi seolah-olah menjadi pekerjaan rumah besar bagi pemerintah.

Kategori :

Terpopuler