PROFESIONALISME: Mahfud MD (Mantan Menteri Koordinator Politik Hukum Dan Keamanan )

Jumat 02-02-2024,15:49 WIB
Reporter : KANS HABSHI
Editor : KANS HABSHI

DISWAYPROBOLINGGO ID.Jakarta,Jum'at 02 Januari 2024.Seorang Putra Terbaik Dari Madura , Prof. Dr. H. Mohammad Mahfud Mahmodin, S.H., S.U., M.I.P., dikenal dengan nama Mahfud MD1 (lahir 13 Mei 1957) adalah seorang akademisi, hakim, dan politisi berkebangsaan Indonesia.Ia mengawali kiprahnya di dunia akademisi sebagai dosen di Universitas Islam Indonesia, setahun setelah memperoleh gelar sarjana hukum dari universitas tersebut.

Mahfud MD Merupakan Salah Satu Pakar Hukum Tata Negara Yang Memiliki Pengalaman Lengkap Sebagai Dosen Dan Pernah Duduk Di Kursi Eksekutif, Legislatif, Dan Yudikatif.

BACA JUGA: KPU:Respons soal Simulasi Surat

BACA JUGA:Pencegahan Korupsi Di Acara Paku Integritas, Prabowo Akan Meningkatkan Gaji Para Penjabat Dan Penyelenggara

Di posisi eksekutif, ia pernah menjadi menteri pertahanan dan menteri hukum dan HAM, kemudian di posisi legislatif sebagai anggota DPR, dan di bidang yudikatif sebagai ketua Mahkamah Konstitusi.

BACA JUGA:Langgar Netralitas:Pejabat Kadisdik dan 5 ASN di Medan

Keahlian akademis dan intelektualnya di bidang hukum dan politik membawanya menjadi Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan di Kabinet Indonesia Maju 2019-2024 dan terakhir menjadi salah satu cawapres pada Pemilu 2024.

BACA JUGA:TNI-Polri Tetap Netral:Masa SBY Di Pilpres 2009

Mohammad Mahfud atau lebih dikenal dengan nama Mahfud MD lahir di Sampang, Madura, pada tanggal 13 Mei 1957. Ia merupakan anak dari pasangan Mahmodin dan Siti Khadijah. Ia anak keempat dari tujuh bersaudara dan menjadi anak laki-laki tertua. Ayahnya adalah pegawai negeri sipil golongan dua, sedangkan ibunya seorang ibu rumah tangga.

BACA JUGA:KPU USULKAN:Tanpa Penonton Debat Capres Ke LIMA

BACA JUGA:Menko Polhukam: Ada Waktunya,Saya Mengundurkan Diri

Inisial MD di belakang namanya merupakan singkatan dari nama ayahnya, Mahmodin. Tambahan nama itu berawal saat ia menimba ilmu di Pendidikan Guru Agama (PGA), lembaga pendidikan setara SMP, yang dalam satu kelas terdapat beberapa murid dengan nama Mahfud. Untuk membedakan, wali kelas meminta semua murid bernama Mahfud untuk memasang nama orangtuanya di belakang setiap Mahfud. Mahfud kemudian menyingkat nama Mahmodin tersebut menjadi MD.

 

Kategori :