Sebuah Al-Qur'an Utuh Tak Tersentuh Api saat Kebakaran Pasar Leces

Selasa 12-12-2023,00:25 WIB
Editor : Rama

Probolinggo - Pemandangan menakjubkan terjadi di balik tragedi kebakaran Pasar Leces, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo Senin (4/12/2023) sore. Di tengah hebatnya kebakaran ini, sebuah Al-Qur'an tampak masih utuh dan tak tersentuh api.

Bahkan, tak ada satu lembar pun dari Al-Qur'an mini tersebut yang rusak. Meskipun, dahsyatnya kobaran api di Pasar Leces mampu menghanguskan ratusan lapak pedagang sekitar.

Hanya saja, akibat kebakaran itu, pinggiran Al-Qur'an terlihat kotor dampak puing-puing yang menjadi debu. Al Qur'an ini berada di musala yang berdiri di selata

Sedangkan kondisi musala tersebut, hanya tinggal tembok saja, sedangkan isi di dalam musala sudah rata dengan tanah. Bahkan, kayu di dalamnya sudah hangus akibat kobaran api yang membakar Pasar Leces selama 11 jam itu.


musholla hangus terbakar--

BACA JUGA: Tim Gabungan Padamkan Kebakaran Lahan di Gunung Anjasmoro

Gedung Mushola  apinya besar, dari luar musala sudah besar apinya. Hanya tinggal Al-Qur'an ini yang tidak terbakar, masih utuh dan bisa dibaca dengan jelas," 

Biasanya, lanjut Rosi, musala tersebut sering digunakan para pedagang pasar dan pengunjung untuk salat atau sekadar beristirahat. Saat kebakaran, di dalam musala hanya menyisakan sebuah Al-Qur'an, sedangkan untuk lain-lainnya hangus.

"Ya cuma Al-Qur'an ini saja, selebihnya gosong," pungkas Rosi sambil melihat-lihat ke dalam musala.

Diketahui, kebakaran terjadi di Pasar Leces, Kabupaten Probolinggo, Senin (4/12/2023) sore. Kebakaran membuat 256 kios milik pedagang ludes. Kebakaran yang diduga akibat korsleting listrik ini mencatat kerugian hingga miliaran.

Sebanyak lima mobil pemadam dan mobil bantuan lainnya langsung diterjunkan ke lokasi kejadian untuk memadamkan api. Karena beberapa kendala seperti cuaca angin kencang, sumber air jauh, ramainya warga yang melihat, serta banyaknya barang-barang pedagang di pinggir jalan membuat pemadaman terhambat. Petugas berjibaku memadamkan api hingga api padam dalam 11 jam.

Kategori :

Terpopuler