Jelang Pemilu AS:Investor Khawatir Utang Pemerintah Memgunung

Jumat 24-05-2024,21:09 WIB
Reporter : KANS HABSHI
Editor : KANS HABSHI

DISWAYPROBOLINGGO.Amerika Serikat, Jum'at 24 Mei 2024.Beberapa investor di Pasar obligasi Ketakutan Dengan Meningkatnya Beban Utang Pemerintah Amerika Serikat (AS) menjelang pemilihan umum (Pemilu).

BACA JUGA:Gas 836,06 Mmscfd:Produksi Minyak Pertamina EP 69.417 Barel

BACA JUGA:Situasi Modal Bank Saat Ini?Rupiah Melorot Rot Rot

Mengutip Reuters, Jumat 24 Mei 2024 sejumlah analis dan investor mengungkapkan kekhawatiran fiskal diperkirakan akan menjadi lebih menonjol menjelang pemilu tanggal 5 November mendatang. Menurut mereka, pengurangan belanja defisit tampaknya bukan prioritas kebijakan Presiden Joe Biden dan penantangnya dari Partai Republik Donald Trump.

Beberapa investor sudah mulai mengalokasikan dana dengan cara yang dapat menghindari kerugian jika imbal hasil Treasury yang pergerakannya berbanding terbalik dengan harga, mulai melonjak karena ketidakseimbangan pasokan dan permintaan.

Sementara pihak lain khawatir bahwa ketidakpastian mengenai berapa banyak utang yang diperlukan untuk pembelanjaan defisit dapat mengganggu stabilitas pasar Treasury senilai USD 27 triliun yang merupakan landasan sistem keuangan global.

BACA JUGA:Referensi :Saham Pagi Ini ,IHSG Bisa Jadi Mental

BACA JUGA:Jerome Powell:Berhasil Raih Investor soal Inflasi,Wall Street Bangkit

“Jika kita mengambil langkah mundur dari The Fed dan menjauh dari enam bulan ke depan di mana kita masih bisa mendapatkan penurunan suku bunga yang besar, maka jumlah pasokan tidak akan sehat,” Ujarnya Kepala Pendapatan Tetap Newton Investment Management, Ella Hoxha.

 

Dalam pengumuman pengembalian dana terbaru bulan ini, Departemen Keuangan AS mengatakan pihaknya berencana untuk mempertahankan ukuran lelang tetap stabil selama beberapa kuartal ke depan. Namun, lelang yang lebih besar untuk utang jangka panjang diperkirakan akan terjadi pada tahun depan.

Kantor Anggaran Kongres mengungkapkan utang federal yang dipegang oleh masyarakat dapat tumbuh sebesar USD 21 triliun menjadi USD 48 triliun pada tahun 2034. Sementara itu, sumber permintaan obligasi pemerintah AS masih tertinggal. Kepemilikan asing tidak dapat mengimbangi pertumbuhan pasar dan The Fed terus mengurangi kepemilikan obligasinya.

“Salah satu hal yang banyak kami bicarakan secara internal bukan hanya mengenai pasokan tetapi juga permintaan,” kata Direktur Pelaksana BlackRock, David Rogal.

BACA JUGA:Bursa Saham:IHSG Langsung Nyimping

BACA JUGA:Diperkosa Hamil:Anak Kekurangan di Bogor

“Lingkungan di mana basis pembeli berkurang dan pasokan lebih banyak tentu membuat saya berpikir bahwa seiring berjalannya waktu, Anda akan melihat lebih banyak premi berjangka,” Sambungnya.

Di Mana, Partai Demokrat dan Republik telah berjanji untuk mengurangi defisit belanja dan tingkat utang.

“Setelah pemerintahan sebelumnya meningkatkan utang sebesar USD 8 triliun dan tidak menandatangani satu undang-undang untuk mengurangi defisit, Presiden Biden telah menandatangani undang-undang pengurangan defisit sebesar USD 1 triliun dan memiliki rencana untuk menurunkan defisit sebesar USD 3 triliun lebih. "Ujarnya Juru Bicara Gedung Putih Jeremy Edwards.

Kategori :

Terpopuler