Manado Waisak:Umat Buddha Diajak Hidup Harmonis

Jumat 24-05-2024,06:10 WIB
Reporter : KANS HABSHI
Editor : KANS HABSHI

DISWAYPROBOLINGGO.Manado, Jum'at 24 Mei 2024 .Dalam Penyambutan Acara Puja Bakti hari suci Waisak 2568 BE/2024 di Vihara Dhammadipa Manado, Kamis 23 Mei 2024. Di hadirin Ratusan Umat Buddha Seluruh Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) ini berlangsung dengan khidmat.

BACA JUGA:Tim Evakuasi Temukan:Jenazah Presiden Iran Ebrahim Raisi

BACA JUGA:INI SEBABNYA:Gempa M5,0 Guncang Pacitan Terasa Hingga Yogyakarta

Dalam ibadah itu, Bhante Thitasaddho Thera menekankan kepada para umat untuk dapat hidup harmonis dalam keberagaman bermasyarakat, seperti tema Waisak Tahun 2024 yaitu Kesadaran Keberagaman Jalan Hidup Luhur, Harmonis dan Bahagia.

Hal yang sama juga diutarakan oleh Romo Rully Wikarta, Ketua Satu Yayasan Vihara Dhammadipa Manado. Katanya pada perayaan Waisak tahun ini, Umat harus meningkatkan kualitas batin dan menjalankan perbuatan baik kepada sesama.

“Dalam momentum Waisak, umat Buddha diajak untuk meningkatkan kualitas batin dengan hidup dalam cinta kasih dan berbuat kebajikan,” sebut Romo.

BACA JUGA:Erupsi Gunung Ruang:Bandara Sam Ratulangi Manado Ditutup

BACA JUGA:Dian Sastro:Sering Dimarahi Rocky Gerung Saat Jadi Mahasiswa

Romo Rully melanjutkan, Waisak tahun ini perlu dimaknai dengan penuh rasa damai antar sesama masyarakat tanpa memandang latar belakang, yang diwujudkan dalam berbagai program bakti sosial yang telah digelar menjelang hari suci Waisak.

BACA JUGA:Jadi Tersangka:Cak Imin Tanggapi Gus Muhdlor

BACA JUGA:DiBUKA:Contraflow di KM 44

Kemudian Harke Tulenan, Asisten Tiga Pemerintah Kota Manado, yang juga menghadiri Puja Bakti tersebut menyampaikan apresiasinya kepada seluruh umat Buddha di Kota Manado.

Menurutnya selama ini Umat Buddha selalu bersinergi dengan pemerintah dan berbagai unsur masyarakat dalam mengupayakan terjadinya perdamaian dan persaudaraan.

“Pertama kami menyampaikan selamat merayakan hari Tri Suci Waisak. Kami juga mengapresiasi karena umat Buddha di Manado bersama-sama bersinergi dan menjaga keberagaman,”Tutupnya  Harke.

Kategori :

Terkait

Terpopuler