Sumber Daya Alam Indonesia Luar Biasa

Sumber Daya Alam Indonesia Luar Biasa

Foto:Ilustrasi Sumber Daya Alam (SDA) 2024--

DISWAYPROBOLINGGO ID.Indonesia,Rabu ,10 Januari 2024.Dikutip dari dalam buku berjudul Wahana IPS, Tim Pena Cendikia, Sigit Widiantoro, Nila Sofianty, F Pramudita (2007:2) sumber daya alam merupakan sesuatu yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan dan kebutuhan hidup manusia. Dengan adanya sumber daya alam, manusia dapat memenuhi kebutuhan hidupnya.

Secara umum, sumber daya alam terbagi menjadi dua macam, yaitu dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui dapat dikembangbiakkan sehingga tidak akan habis. Sedangkan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui keberadaannya akan langsung habis setelah digunakan

BACA JUGA:Primata Yang Di Cap Sebagai Paling Langka Di Dunia Owa Cao-vit

BACA JUGA:Dampak Harimau Sumatera Mati Di Medan Zoo, Kota Medan

Di Indonesia, terdapat berbagai macam potensi sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan. Sebutkan potensi sumber daya alam di Indonesia! Berikut ini adalah sederet potensi sumber daya alam yang ada di Indonesia.


Foto:Ilustrasi pembangkit tenaga listrik air (PLTA) 2024

1. Sumber Daya Air

Sumber daya air di Indonesia memiliki berbagai fungsi, salah satunya sebagai pembangkit listrik dan juga sumber kehidupan seperti memenuhi kebutuhan air minum, membersihkan tubuh dan pakaian, serta masih banyak lagi lainnya.

2. Sumber Daya Hutan

Hutan di Indonesia difungsikan sebagai hutan lindung, penjaga ekosistem, bahkan menghasilkan kayu berkualitas baik yang digunakan untuk pembangunan. 

Hal tersebut membuat Indonesia berhasil mengekspor hasil hutan berupa kayu berkualitas ke berbagai negara seperti Bangladesh, Tiongkok, Belanda, hingga Mesir.

3. Sumber Daya Udara

Di Indonesia, sumber daya udara dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik yang dikenal dengan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB).

Sumber: