Wajib Datang Lebih Awal:Dampak Microsoft Down Check-in Manual Di Bandara RI

Wajib Datang Lebih Awal:Dampak Microsoft Down Check-in Manual Di Bandara RI

Foto:Penumpang Citilink di Bandara Soetta Antre Panjang Dampak Microsoft Down 2024--

AP II juga menambah personel aviation security (Avsec) dan menyiagakan personel customer service untuk membantu penumpang pesawat, serta menambah konter check-in bagi maskapai.

"Proses keberangkatan yakni check-in penumpang pesawat dan bagasi dilakukan secara manual, khusus oleh maskapai yang mengalami gangguan sistem IT serta didukung pembukaan lebih banyak konter check-in di bandara. Maskapai yang tidak mengalami gangguan sistem IT tetap memproses keberangkatan dengan menggunakan sistem IT mereka," ujarnya.

BACA JUGA:Jadi Tersangka:Cak Imin Tanggapi Gus Muhdlor

BACA JUGA:Pengertian Surat Dinas:Dalam kamus Bahasa Indonesia

Antrean Penumpang Terjadi di Soetta

Di Mana,puluhan petugas maskapai Citilink diterjunkan untuk membantu proses check-in penumpang yang sebelumnya dilakukan secara online, menjadi manual.

Petugas terlihat menuliskan data penumpang yang akan melakukan self check-in untuk melanjutkan penerbangan.

Namun belum diketahui apakah petugas itu menulis secara manual di secarik tiket dengan pena atau hanya menulis data penumpang. Di sejumlah negara tiket penumpang terpaksa ditulis manual dengan pena karena Microsoft down. Mereka membagikan foto tiket pesawat tersebut ke media sosial.

Maskapai di Bandara Ngurah Rai Juga Terdampak

AirAsia, Qantas, Jetstar, Scoot Tiger, dan Citilink menjadi maskapai di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, yang terdampak Microsoft down. Proses check-in penumpang maskapai tersebut dilakukan secara manual.

"Proses check-in sementara ini dilakukan secara manual. Para personel bandara juga membantu kelancaran proses check-in secara manual melalui pengaturan flow dan senantiasa berkoordinasi dengan maskapai untuk mengetahui perkembangan penanganan kondisi ini," kata General Manager Bandara I Gusti Ngurah Rai, Handy Heryudhitiwan dalam siaran persnya, Jumat 19 Juli 2024.

Meski begitu kondisi IT pelayanan dan fasilitas bandara yang dikelola Angkasa Pura (AP) I itu tidak terdampak. Semua masih berjalan normal.

"Prioritas kami dan pihak maskapai saat ini adalah memastikan pelayanan kepada para penumpang berjalan dengan baik. Kami turut mengimbau agar calon penumpang memahami situasi ini dan dapat tiba lebih awal sebelum waktu keberangkatan untuk mengantisipasi antrean dan selalu mengikuti instruksi petugas di lapangan,"Lanjutnya Handy.

BACA JUGA:Tempat Pengungsi di Gaza,Sekolah:Di Serang Israel

BACA JUGA:Harga Hasil Tambang:Minyak Mentah Turun, Batu Bara

Sumber: