Umat Manusia Berbagai Perbedaan:Allah SWT Menciptakannya

Umat Manusia Berbagai Perbedaan:Allah SWT Menciptakannya

Ilustrasi Perbedaan Membawa Kebaikan 2024--

DISWAYPROBOLINGGO.Umat Manusia,Rabu 01 Mei 2024.Memahami Mengapa Allah Swt menciptakan manusia dengan berbagai  Ragam Perbedaan ,Siswa kelas 12 ditugaskan menjawab soal Pendidikan Agama Islam (PAI) ini dengan benar.

Allah Swt. menciptakan manusia bersuku-suku dan berbangsa-bangsa. Selain itu, manusia juga memiliki keragaman dalam keyakinannya.

BACA JUGA:TUJUAN:Puasa Sunah Syawal 2024

BACA JUGA:Ingin Wisata Ke Luar Negeri Tapi Ramah Di Kantong, Ini Dia Rekomendasi Nya!

Allah Swt menciptakan Makhluknya Dalam Bentuk Yang Berbeda-Beda Dan Beragam. Dikutip dari buku Pendidikan Agama Islam untuk SMK Kelas XII, Bachrul Ilmy (2007:100), berikut adalah jawaban untuk soal jelaskan tujuan Allah menciptakan manusia dengan beragam perbedaan.

A. Saling Mengenal

Di antara tujuan Allah Swt. menciptakan manusia secara beragam, adalah agar terjadi interaksi saling mengenal. Hal ini sebagaimana firman Allah Swt. dalam surat Al Hujurat [49] ayat 13 sebagai berikut.

وَجَعَلْنَكُمْ شُعُوبًا وَقَبَائِلَ لِتَعَارَفُوا

Artinya: "Dan Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku, agar kamu saling mengenal".

B. Persatuan

Tujuan dari kegiatan saling mengenal ialah saling memahami. Jika setiap manusia memiliki kesadaran saling memahami perbedaan, akan tercipta kebersamaan.

BACA JUGA:Kuota Haji 2024:Kemenag, Terbesar Sepanjang Sejarah

BACA JUGA:Ingin Wisata Ke Luar Negeri Tapi Ramah Di Kantong, Ini Dia Rekomendasi Nya!

Adapun kebersamaan akan menumbuhkan persatuan. Persatuan dalam perbedaan seperti inilah yang harus dibangun dalam kehidupan.

Sumber: