Iptek:Dampak Positif Globalisasi

Iptek:Dampak Positif Globalisasi

Ilustrasi perkembangan teknologi 2024--

DISWAYPROBOLINGGO.Teknologi.Senin 22 April 2024.Globalisasi dan kemajuan IPTEK membawa dampak positif yang membawa bangsa Indonesia ke arah depan dari berbagai aspek. Indonesia telah menerima manfaat dari perubahan-IPTEK ini, baik dalam bidang ekonomi, sosial, budaya, maupun politik.

Tiga dampak positif yang paling mencolok adalah meningkatnya perdagangan internasional dan munculnya industri baru, pertukaran budaya dan peningkatan akses informasi, serta penguatan demokrasi dan kerjasama internasional.

BACA JUGA:Meta AI:Mark Zuckerberg ,Search WhatsApp,Instagram

BACA JUGA:Cip HP Baru:Snapdragon 7 Plus Gen 3 Meluncur

Dampak Positif Globalisasi Dan Kemajuan IPTEK Bagi Bangsa Indonesia Ke Arah Kemajuan

Mengutip dari buku Greek Mythology, Narayan Changder, (2023), globalisasi dan kemajuan IPTEKmembawa dampak positif yang membawa bangsa Indonesia ke arah kemajuan. Hal ini tentunya didasari dari beberapa aspek kehidupan.

BACA JUGA:Ilmuwan:Kontrol Robot Pakai Gerakan Tangan

BACA JUGA:Pamer Teknologi Kamera Zeiss, Vivo V30 Segera Rilis Di Indonesia

Globalisasi dan kemajuan IPTEK bagi bangsa Indonesia Dapat Kita Gunakan Sebagai Ajuan Perkembangan Kemajuan Terdiri Beberapa Bidang:

A. Bidang Ekonomi

Dalam bidang ekonomi, globalisasi membuka peluang besar bagi Indonesia untuk meningkatkan perdagangan internasional. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan ekspor produk-produk Indonesia serta masuknya investasi asing yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Kemajuan IPTEK juga telah menciptakan industri-industri baru yang sebelumnya tidak ada di Indonesia, menciptakan lapangan kerja baru dan meningkatkan pendapatan masyarakat.

B. Sosial dan Budaya

Sementara itu, di bidang sosial dan budaya, globalisasi membuat terjadinya pertukaran budaya antar negara. Hal ini tidak hanya memperkaya budaya Indonesia tetapi juga meningkatkan toleransi antar masyarakat.

Sumber: